Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI Tetap Dipuji Kendati Belum Teruji

By Aditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

Timnas Indonesia di Palestina

Kendati hanya meraih hasil imbang tanpa gol saat melawat ke Vietnam, namun penampilan Timnas Indonesia bentukan PSSI pimpjnan Djohar Arifin Husin tetap mendapat pujian. Adalah pelatih Nil Maizar dan Penanggungjawab Timnas Indonesia PSSI, Bernhard Limbong, yang memberikan apresiasi positif kepada Irfan Bachdim dan kawan-kawan.

Nil Maizar menyatakan bangga dengan aksi yang disuguhkan anak-anak asuhannya kala melawan Vietnam beberapa waktu lalu. Meskipun tak mampu mencetak gol, namun pasukan Garuda bertarung dengan sungguh-sungguh di laga tersebut. Spirit tinggi seperti itulah yang oleh Nil Maizar dinilai akan berguna bagi timnas di kemudian hari.

“Walau hasilnya belum maksimal, kami tetap bangga dengan penampilan yang ditunjukan para pemain. Mereka mampu memperlihatkan motivasi yang tinggi dalam pertandingan tersebut. Hal itu tentu sangat positif bagi timnas ke depannya,” ujar Nil Maizar.

Pujian senada juga datang dari Bernhard Limbong. Menurutnya, aksi skuat Merah-Putih sudah maksimal. Sama seperti Nil Maizar, Bernhard Limbong pun menyoroti semangat tinggi yang dikobarkan para punggawa Timnas Indonesia meskipun ia tak memungkiri masih banyak kekurangan yang harus segera dibenahi.

“Pertama, perjuangan anak-anak di lapangan sudah maksimasl. Kedua, semangat anak-anak juga sudah cukup baik,” tandas Bernhard Limbong.

”Tapi, ada beberapa kelemahan, mungkin nanti Nil (Maizar) akan memperbaiki kekurangan, seperti bertahan, menyerang dan transisi,” lanjutnya.

Kelemahan utama Timnas Indonesia yang menjadi sorotan Bernhard Limbong adalah kurang trengginasnya barisan depan laskar Garuda. Kendati sempat menang besar dengan skor 5-0 saat melawan tuan rumah Brunei Darussalam beberapa waktu lalu, namun secara keseluruhan, aksi para penyerang timnas belum memuaskan.

Saat ini Timnas Indonesia hanya punya Irfan Bachdim, Samsul Arif, dan M. Rahmat sebagai striker murni. Sedangkan Elie Aiboy, Andik Vermansyah, Hendra Bayauw, Okto Maniani, atau Nur Iskandar lebih pas berperan sebagai penyerang sayap atau penyerang lubang.

Ujian sesungguhnya yang akan dihadapi oleh Timnas Indonesia PSSI adalah di ajang AFF Cup 2012 nanti. Dihuni oleh para pemain dari Indonesia Premier League (IPL) yang sebagian besar belum punya banyak jam terbang di kancah internasional, tim Garuda kali ini benar-benar mempertaruhkan nama besar Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda