Scroll to Top

Sony Meluncurkan LCD WhiteMagic

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Sony kemarin (10/8) mengumumkan produk layar LCD baru miliknya seukuran 3 inci yang akan digunakan untuk kamera digital atau smartphone. Layar tersebut digadang menghemat sebesar 50% daya yang dipakai jika dibandingkan LCD sejenis, namun dengan modus super bright di segala kondisi.

WhiteMagic, sebagaimana namanya meningkatkan tingkat terang layar hingga 1000cd/m2 karena adanya piksel putih, disamping piksel umum yang terdiri dari merah, hijau, dan biru yang umum terdapat di LCD. Di modus hemat daya, layarnya akan seterang 470cd/m2 namun hanya menggunakan 225mW termasuk backlight. Di modus outdoor, daya yang dibutuhkan meningkat jadi 400mW tapi tentu tingkat terang layar juga meningkat dan terlihat jelas tak peduli seberapa terang cahaya matahari di luar. Dan hebatnya, dengan pengaturan terang tertinggi, Sony berhasil membuat LCD ini memakai sedikit daya saja dan diharapkan bisa muncul di berbagai smartphone atau kamera digital nantinya.

Menambahkan piksel putih dalam LCD biasanya menghasilkan kualitas gambar buruk, namun Sony berhasil mengatasinya. Hasilnya adalah, gambar terang dan tajam dengan kualitas tinggi bahkan mungkin terlihat lebih terang, ini berkat algoritma baru yang digunakan saat pemrosesan gambar sebelum ditampilkan di layar.

Keunggulan WhiteMagic bukan hemat daya dan tingkat terang saja namun juga sudut penglihatan sebanyak 160 derajat baik horizontal atau vertikal, rasio kontras 1000:1 dan reproduksi warna NTSC sebesar 60%.

Sony membuat produk ini tersedia awal Oktober jika tidak ada halangan, dan mungkin sudah ada di berbagai kamera ataupun smartphone akhir tahun ini, atau juga tahun depan nanti. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda