Scroll to Top

Barcelona Tak Lagi Tergantung Pada Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 19 Oct 2012

Barcelona Tak  Lagi Tergantung Pada Lionel Messi

Barcelona kemungkinan tidak akan memainkan Lionel Messi sebagai starter dalam lawatan mereka ke Riazor menghadapi Deportivo La Coruna. Perjalanan Messi dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 membuat hal ini mesti terjadi. Tidak masalah. Dalam era Tito Vilanova, meski King Leo menjadi sumber gol Barca, nyatanya Barca tak lagi tergantung pada sosok King Leo semata.

Pertandingan internasional selalu menjadi sesuatu yang menakutkan untuk sebuah tim. Seorang pelatih klub Eropa, harus pintar-pintar meracik strategi kalau-kalau salah satu pasukannya cedera kala membela negara, atau kelelahan. Tak terkecuali Barcelona. Bisa jadi Barca akan mengistirahatkan Lionel Messi kala bertandang ke markas Deportivo La Coruna demi menjaga agar King Leo tak kelelahan, lantas mengalami cedera. Masalahkah buat Barcelona?

Hingga saat ini, Messi adalah pencetak gol tersubur Barcelona. King Leo mengemas 12 gol dalam 11 pertandingan. Ia menyumbang 44% gol Baca. Namun, bukan berarti Barca hanya mengandalkan Messi.

Jika musim lalu kemenangan Barca identik dengan gol Lionel Messi; dan hasil buruk identik dengan kemandulan King Leo, kini tidak. Ada 4 kemenangan Barca yang dilalui tanpa satu gol pun dari Messi, yaitu menghadapi Valencia (1-0), Granada (2-0), Sevilla (menang 2-3), dan Benfica (0-2).

Andai Messi tak tampil penuh, ini kesempatan untuk David Villa atau Cesc Fabregas untuk unjuk gigi.  Villa sejauh ini memang sudah tampil dalam 7 laga. Tapi 6 di antaranya dilalui dengan muncul dari bangku cadangan. Dari segi persentase jumlah gol berbanding tembakan, Villa lebih unggul daripada Messi. Si Nomor 7 cuma butuh 6 tembakan untuk mencetak 3 gol (50%). Sementara King Leo memiliki persentase gol 21% dari total tembakan.

Cesc Fabregas yang sukses melakoni peran false nine di timnas Spanyol bisa menjadi pilihan pengganti peran Leo Messi. Plus, jangan lupakan Pedro Rodriguez yang sempat mencetak hattrick ke gawang Belarusia.

Selain King Leo yang mungkin akan duduk di bangku cadangan sementara waktu, Tito Vilanova kemungkinan akan merotasi pula sosok Javier Mascherano yang sama-sama mengalami perjalanan panjang setelah membela Argentina. Artinya, mungkin saja Marc Bartra, andai fit, dipasangkan dengan Gerard Pique.

Rotasi juga mungkin terjadi di sektor gelandang bertahan. Sergio Busquets yang tampil penuh dalam dua laga internasional Spanyol, bisa diganti oleh Alex Song.

Andai Tito benar-benar mencadangkan Messi, bukan berarti Barca kehilangan taji. Keadaan serupa pernah terjadi pada pertandingan Getafe vs Barcelona bulan lalu. Kala itu, King Leo turun dari bangku cadangan dan Barca menang 1-4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda