Scroll to Top

Timnas Indonesia: 35 Pemain yang Didaftarkan ke AFF Cup 2012

By Aditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

Timnas Indonesia Brunei

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin kembali tak konsisten dengan pernyataannya. Setelah sempat mengumumkan bahwa hanya pemain dari Indonesia Premier League (IPL) yang akan didaftarkan untuk memperkuat Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar di AFF Cup 2012, nyatanya tidak demikian. Sebanyak 35 pemain didaftarkan, termasuk pemain dari Indonesia Super League (ISL) dan mereka yang berkiprah di luar negeri.

Kendati seluruh pemain non IPL belum dapat dipastikan apakah mau bergabung dengan pemusatan latihan tim Garuda atau tidak, namun PSSI tetap mendaftarkan mereka untuk memperkuat Indonesia di ajang AFF Cup 2012 yang akan digelar di Malaysia dan Thailand pada awal November 2012 nanti.

Padahal, beberapa saat sebelumnya, Sekjen PSSI Halim Mahfudz memberi keterangan kepada media bahwa PSSI hanya mendaftarkan pemain IPL saja karena ia belum bisa memastikan mengenai pemain ISL. Jika ada penambahan pemain, lanjut Halim Mahfudz waktu itu, akan diserahkan kepada kebijakan pelatih Nil Maizar.

Meskipun memanggil pemain dari luar kompetisi resmi PSSI, di mana Halim Mahfudz pernah menegaskan bahwa PSSI belum mengakui ISL, namun pemain IPL tetap mendominasi skuat Timnas Indonesia AFF Cup 2012.

Dari 35 pemain yang didaftarkan, 24 di antaranya adalah pemain IPL, sedangkan sisanya dari kompetisi lain, yakni 5 pemain dari ISL dan 6 pemain dari kompetisi di Eropa. Anehnya lagi, PSSI juga memanggil Diego Michiels yang sebelumnya dinyatakan dipecat dari skuat timnas dan tidak akan diikutkan ke AFF Cup 2012.

Adapun 5 pemain dari ISL yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia PSSI antara lain: Bambang Pamungkas, Firman Utina, Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah, dan Patrich Wanggai. Sedangkan I Made Wiryawan, Greg Nwokolo, dan Victor Igobonefo yang sebelumnya dikabarkan akan dipanggil ternyata tidak masuk daftar.

Sedangkan 6 pemain Indonesia yang berkiprah di Eropa dan mendapat panggilan dari PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia adalah Stefano Lilypaly (Almere City), John van Beukering (Vitesse), Syamsir Alam (CS Vise), Jericho Christianto (CS Vise), Alfin Tuasalamony (CS Vise). dan Yandi Sofyan (CS Vise).

“Batas akhir pendaftaran tahap pertama 25 Oktober 2012, tapi 35 nama ini didaftar Senin 20 Oktober 2012,” jelas Manajer Timnas Indonesia, Habil Marati, di Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Berikut ini adalah 35 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan PSSI ke AFF Cup 2012:

1. Samsidar
2. Endra Prasetya
3. Wahyu Tri Nugroho
4. Hamdi Ramdhan
5. Wahyu Wiji Astanto
6. Fachrudin
7. Novan Setya Sasongko
8. Nopendi
9. Hengki Ardiles
10. Taufiq
11. Vendry Mofu
12. Nur Iskandar
13. Rahmat Syamsuddin
14. Jajang Paliama
15. Elie Aiboy
16. Samsul Arif
17. Irfan Bachdim
18. Hendra Bayauw
19. Rasyid A. Bakri
20. Ahmad Bustomi
21. Hamka Hamzah
22. Cornelius Gedy
23. Andik Vermansyah
24. Bambang Pamungkas
25. Firman Utina
26. Oktovianus Maniani
27. Valentino Telaubun
28. Stefano Lilipaly
29. Jhon van Beukering
30. Syamsir Alam
31. Alvin Tuassalomony
32. Yandi Sofyan
33. Yericho Christiantoko
34. Patrich Wanggai
35. Diego Michiels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda