Scroll to Top

Mega, File Sharing Baru Reinkarnasi MegaUpload Disiapkan Kim Dotcom

By Ditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

Kim Dotcom

Tak kapok dengan apa yang terjadi pada situs file sharing MegaUpload, Kim Dotcom telah menyiapkan konsep reinkarnasi dari MegaUpload, yakni Mega. Kim Dotcom akan kembali menyiapkan layanan file sharing baru dibawah bendera Mega.

Kim Dotcom telah menjalani hari-hari yang berat. Bencana tersebut berawal dari penutupan situs file sharing besutannya, MegaUpload, oleh FBI. Tak hanya itu, rumah Kim Dotcom baru saja digrebek beberapa waktu lalu dan Kim Dotcom dipukuli dan akhirnya masuk penjara meski hanya sebentar.

Apa yang dialamainya tak menyurutkan niat Kim Dotcom untuk kembali mereinkarnasi layanan file sharing MegaUpload dibawah bendera Mega yang kabarnya sedang disiapkan oleh Kim Dotcom.

Kim Dotcom mengatakan bahwa Mega adalah layanan unik yang akan memecahkan masalah yang biasa terjadi pada penyimpanan berbasis cloud serta akan lebih menghormati privasi pengguna.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (18/10/2012), konsep file sharing Mega ini mendapat tanggapan negatif dari para kritikus yang menyebut Mega hanyalah MegaUpload yang berganti nama dan berpotensi melanggar hukum seperti MegaUpload yang telah ditutup.

Kim Dotcom menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa Mega memang membawa beberapa aspek yang ada pada MegaUpload seperti one-click, memungkinkan pelanggan untuk berbagi file berukuran besar, bedanya, file milik pelanggan akan dinekripsi terlebih dahulu sebelum mengunggahnya dan siapa saja yang mengunduh file tersebut akan menerima kunci atau password untuk dekripsi file tersebut.

Hal ini berarti Mega tak akan dapat melihat isi file yang diunggah pengguna dan Mega tak akan bertanggung jawab dengan isi file milik pengguna. Kim Dotcom juga menambahkan satu-satunya cara menganggap layanan Mega ilegal adalah apabila enkripsi dianggap ilegal.

Akankah layanan Mega dapat berjalan sesuai keinginan Kim Dotcom? Mari kita simak perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda