Scroll to Top

AMD Umumkan Akan PHK 15 Persen Karyawan

By Ditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

AMD APU Hondo

Kabar mengenai perampingan karyawan AMD terbukti, AMD telah mengumumkan akan melakukan PHK terhadap 15 persen karyawan secara global. Ya, 15 persen saja, setengah dari rumor yang beredar beberapa waktu lalu, yakni 30 persen karyawan.

AMD menyampaikan laporan keuangan untuk kuartal ketiga tahun 2012 mampu menghasilkan pendapatan sebesar USD $,127 miliar, hal ini menurun 10 persen dari kuartal terakhir dan menurun hingga 25 persen dari kuartal yang sama tahun lalu.

Advanced Micro Device juga mengalami kerugian operasional mencapai USD $131 juta dan keruhgian bersih sebesar USD $157 juta, ini berarti setara dengan kerugian persaham sebesad USD $0,21.

Produsen prosesor x86 terbesar nomor 2 setelah Intel ini memang mengalami pendapatan penurunan yang tak terduga. Hal ini berbuntut dengan keputusan AMD untuk merampingkan 15 persen atau sekitar 1.750 karyawan AMD diseluruh dunia.

Produsen kartu grafis Radeon ini mengatakan salah satu penyebab menurunnya pendapatan AMD adalah menurunnya penjualan PC desktop dan laptop, sementara smartphone dan komputer tablet mengalami kenaikan penjualan yang cukup pesat.

Smartphone dan tablet adalah segmen yang bisa dibilang belum digarap AMD, padahal, Intel yang notabene pesaing kuatnya telah meluncurkan Atom Meldfield yang digunakan untuk smartphone dan tablet.

AMD baru memasuki segmen smartphone dan tablet akhir tahun ini dengan menyiapkan sebuah prosesor hemat energi, APU Hondo yang diumumkan kehadirannya beberapa waktu lalu.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (18/10/2012), AMD memang tak memiliki pilihan lain selain merampingkan 15 persen karyawan untuk menyelamatkan perusahaan dengan nilai USD $20 juta pada kuartal 4 2012 dan USD $190 juta pada tahun 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda