Scroll to Top

Persib: Jajang Sukmara Bingung Memilih Timnas

By Aditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

Jajang Sukmara Persib

Masih adanya dualisme Timnas Indonesia tak pelak membuat sejumlah pemain bingung. Salah satunya adalah punggawa Persib Bandung, yakni Jajang Sukmara. Pemain bertahan Persib ini mengaku tak tahu harus berbuat apa dalam menyikapi keberadaan dua timnas yang terdapat di Indonesia sekarang ini.

Para pemain memang menjadi korban dengan masih berkobarnya konflik di persepakbolaan nasional yang melibatkan perang tanding antara dua kubu, yakni PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Dimulai dari dualisme kompetisi, dualisme klub, dualisme kepengurusan, hingga melebar ke dualisme timnas, kedua kubu seolah-olah tidak ada yang mau mengalah dan saling mementingkan egonya masing-masing. Alhasil, banyak yang menjadi tumbal, termasuk para pemain klub maupun pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini, Jajang Nurjaman menjadi bagian dari pemain yang dipanggil KPSI untuk membela timnas The Real Garuda asuhan Alfred Riedl. Salah satu pemain muda asli binaan Persib ini pun hanya menuruti keinginan klub.

“Saya enggak tahu harus seperti apa (dengan adanya dualisme timnas). Namun, yang jelas saya mengikuti keputusan manajemen klub saja,” ujar Jajang Nurjaman belum lama ini.

Jajang Sukmara ogah turut terlibat dalam pusaran konflik PSSI. Bek berusia 23 tahun ini hanya ingin konsentrasi latihan untuk Persib. Lantaran harus bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia bentukan KPSI, Jajang Sukmara memang cukup lama absen dari aktivitas di Persib.

”Saya fokus latihan saja, supaya tidak tertinggal jauh dari pemain Persib yang sudah latihan,” tandas pemain yang pernah dipinjamkan ke klub Madiun Putra ini.

Persoalan serupa pastinya juga menggelayuti para pemain Persib lain yang dipanggil ke timnas. Selain Jajang Sukmara, ada empat punggawa Maung Bandung lainnya yang juga mendapat panggilan ke timnas yang semuanya adalah para rekrutan baru, yaitu Firman Utina, M. Ridwan, Supardi, dan I Made Wirawan.

Bahkan, Firman Utina menerima panggilan dari dua timnas sekaligus. Nama mantan gelandang Sriwijaya FC ini sudah tercatat dalam daftar 35 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan PSSI untuk berlaga di AFF Cup 2012 pada akhir November mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda