Scroll to Top

Majalah Newsweek Beralih ke Online, Stop Edisi Cetak Setelah 80 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 19 Oct 2012

Majalah Newsweek

Majalah Newsweek akhirnya menghentikan edisi cetak mereka. Majalah yang telah terbit sejak 80 tahun yang lalu ini memutuskan untuk beralih ke online mulai tahun 2013 mendatang.

Budiono Darsono founder Detik.com pernah berujar akan masa depan media cetak di masa depan. Masa depan ini terkait dengan peralihan media.

“Zaman batu musnah bukan karena manusia kehabisan batu. Media cetak tergerus bukan karena mereka kehabisan kertas, namun beralih ke media lain,” terangnya pada sebuah acara.

Nampaknya Majalah Newsweek mengalami fase ini. Selama 80 tahun atau hampir 1 abad menemani pembaca setia, 31 Desember 2012 nanti adalah edisi (cetak) terakhir mereka.

Ada tiga hal yang menjadikan alasan mengapa Majalah Newsweek mengambil kebijakan ini. Pertama, Newsweek tak kuasa membendung masif dan cepatnya informasi yang didapat pembaca dari media lain (internet, tablet, smartphone, dll).

Kedua, para pengiklan pun celakanya lebih menyukai beriklan dengan budget yang lebih murah di internet (digital). Ketiga, pembaca mereka tak sudi lagi menunggu satu minggu untuk membaca analisis berita.

Gelombang informasi instan di internet tak bisa dibendung. Tina Brown, Pemimpin Redaksi Newsweek pun mengamininya. Baba Shetty, CEO Newsweek mengatakan jika kebijakan ini akan berdampak pada perampingan pekerja.

“Menurut penilaian kami, kami telah mencapai titik dimana kami merasa dapat secara efektif dan efisien menjangkau pembaca kami melalui format digital,” tulis pernyataan Tina Brown dan Baba Shetty, di situs The Daily Beast yang dikutip dari VOA Indonesia.

Lantas bagaimana dengan Time, majalah yang selama ini menjadi pesaing Newsweek? Rick Stengel, editor Majalah Time menyanggah akan melakukan kebijakan serupa. Menurutnya edisi cetak adalah masterpiece Majalah Time.

“Kita sudah lama tidak menganggap Newsweek sebagai satu-satunya kompetitor. Saingan kita adalah semua orang,” ujar Rick Stengel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda