Sylvia Kristel: Bintang Film Porno Pertama, Emmanuelle, Meninggal

Sylvia Kristel

Sylvia Kristel, artis asal Belanda akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya setelah mencoba melawan penyakit kanker yang dideritanya. Nama Kristel dikenal lewat film Emmanuelle yang menjadi simbol revolusi seksual di negara Barat pada tahun 70an.

Artis kelahiran Utrech, Belanda ini menjadi terkenal setelah di usianya yang ke-22 pada tahun 1974 ia membintangi film Emmanuelle yang berkisah tentang istri seorang diplomat yang terlibat dalam petualangan seksual. Kemudian disusul Emmanuelle 2 (1975), Goodbye Emmanuelle (1977) dan Emmanuelle 4 (1984).

“Aku lebih suka berpakaian, tapi orang-orang lebih suka aku telanjang,” tulisnya dalam memoirnya tahun 2007, Undressing Emmanuelle.

Film Emmanuelle menjadi sensasional dan ditonton setidaknya 650 juta penonton di seluruh dunia. Di Prancis, film yang awalnya sempat dilarang tayang selama 6 bulan itu menjadi sebuah film yang paling sukses.

Kristel mengawali karirnya saat dirinya berumur 17 tahun. Wanita yang lahir pada 28 September 1952 ini juga sempat memenangi gelar Miss TV Europe pada tahun 1973.

Dalam autobiografinya itu, Kristel juga menuliskan jika dirinya memiliki ketergantungan pada alkohol dan obat-obatan. Tak hanya itu, ia juga mengaku pernah mengalami pelecehan seksual saat masih kecil.

Pada tahun 2002 lalu, Kristel didiagnosa menderita penyakit kanker tenggorokan yang kemudian menyebar ke paru-paru dan hati. Pada bulan Juli 2012 ia menderita stroke dan dinyatakan tutup usia pada hari Rabu malam lalu (17 Oktober 2012). Kristel meninggalkan seorang anak yang bernama Arthur.

Komentar Anda

Leave A Response