Scroll to Top

Meksiko Menaklukkan Kamerun di 16 Besar Piala Dunia U-20

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Kamerun gagal melangkah lebih jauh di Piala Dunia U-20. Sempat unggul lebih dahulu, mereka dipaksa menyerah oleh Meksiko. Lebih menyakitkan lagi, kekalahan Kamerun diderita pada babak adu penalti. Tidak ada satu pun algojo Kamerun yang sukses mengeksekusi penalti dalam drama tersebut.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama menghamburkan beberapa peluang emas. Alhasil, skor kacamata bertahan hingga turun minum. Bahkan, menit demi menit babak kedua berlalu, Meksiko dan Kamerun masih juga belum mampu membongkar pertahanan lawan.

Keberuntungan sempat singgah pada singa Afrika. Pada menit 79, striker subur Kamerun, Christ Mbondi, melepaskan umpan cantik yang gagal dibendung para bek Meksiko. Bola mengarah pada Franck Ohandza yang segera melepaskan tendangan ke sudut kanan atas gawang Meksiko. 1-0!

Semestinya, dengan mentalitas anak muda, gol 11 menit menjelang bubar pada pertandingan di babak yang menganut sistem gugur, akan merontokkan semangat. Namun, tidak demikian untuk Meksiko. Bahkan, hanya berselang dua menit, Meksiko membalas gol tadi.

Bola panjang dari sisi kiri mengecoh semua pemain Kamerun. Sementara, Carlos Orrantia langsung menyambar kesempatan untuk menaklukkan kiper Kamerun, Jean Efala. Ia menembakkan bola di antara celah kaki Efala pada menit 81. Seri.

90 menit berlalu, keadaan tidak berubah. Demikian pula dengan tambahan 30 menit. Mau tidak mau, kedua tim beradu keberuntungan melalui adu penalti. Di sinilah keberuntungan lenyap dari kaki para singa Afrika. Bagaimana tidak?

Franck Ohandza, Idriss Nguessi, dan Christ Mbondi, tiga penendang awal Kamerun, gagal mencetak gol. Sebaliknya, tiga eksekutor awal Meksiko mulus menghabisi Jean Efala. Mereka adalah Erick Torres, Ulises Davila, dan Marvin Pinon. Meksiko pun berdiri tegak, lolos ke perempat final dengan kemenangan 3-0 dalam adu penalti.

Di perempat final, Meksiko akan berhadapan dengan tuan rumah Kolombia. Sementara, dengan kekalahan ini, Kamerun menyusul Mesir sesama tim Afrika, yang terdepak oleh Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda