Scroll to Top

Empat Budaya Akan Ramaikan Pandanaran Art Festival ke-5

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 Oct 2012

pandanaran

Mulai besok sore di Semarang diadakan Pandanaran Art Festival ke-5. Festival budaya ini terbilang unik. Pasalnya, di sana akan ada kompilasi empat budaya berbeda yang disatukan dalam satu tempat. Empat cluster sudah disiapkan untuk memperkenalkan budaya Jawa, China, Arab, dan Belanda. Semua ini digelar nonstop dari tanggal 20-21 Oktober 2012.

Penampilan empat budaya ini menunjukkan adanya kerukunan dari berbagai etnis berbeda di Kota Semarang. Kota ini dulunya sering menjadi persinggahan orang-orang asing yang punya berbagai kepentingan. Mereka ada yang pedagang dan penjajah. Ramainya pendatang asing di tengah masyarakat Jawa yang mendiami Semarang, memicu terjadinya asimilasi budaya yang membuat kehidupan masyarakat lebih berwarna.

Banyak stan yang meramaikan festival ini. Stan yang menampilkan empat budaya diletakkan pada cluster masing-masing yang terdiri dari Kampung China 22 stan, Kampung Jawa 21 stan, Kampung Belanda 19 stan, dan Kampung Arab 19 stan.  Selain itu juga ada stan sponsor 50 buah dan stan galeri 29 buah.

Seperti dikutip Tourism News, pada tiap kampung budaya akan menampilkan kuliner, galeri seni, dan kesenian tersendiri. Dan, kampung ini mulai dibuka pukul 17 hingga pukul 5 pagi keesokan hari. Jadi acara berlangsung nonstop dari sore sampai pagi. Festival berlangsung di Jalan Pemuda sampai Tugu Muda. Acara Pemkot Semarang ini bertujuan untuk menarik wisatawan dalam rangka Visit Semarang 2013.

Foto: Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda