Scroll to Top

Tak Ke Liga Champions Asia, Semen Padang Bidik ISL

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 19 Oct 2012

Semen Padang

Semen Padang sepertinya tidak ingin persiapan mereka selama ini menjadi sia-sia. Meski kelak AFC menolak Kabau Sirah untuk berlaga di Liga Champions Asia, namun berlaga secara maksimal di Indonesian Super League akan menjadi target selanjutnya.

Seperti yang diketahui bersama, Semen Padang yang musim lalu berlaga di IPL kini lebih memilih menyebrang ke kompetisi ISL.

“Mengikuti LCA musim ini merupakan cita-cita kami. Memang klub-klub di Indonesia banyak yang belum layak. Namun kami tetap berlatih untuk mempersiapkan diri. Sebab kami bukan hanya menghadapi LCA, tetapi juga menghadapi kompetisi ISL” ungkap CEO PT Kabau Sirah Semen Padang Erizal Anwar.

Sebagai klub juara kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2011/2012, Semen Padang sebenarnya memiliki hak untuk tampil dalam kompetisi Liga Champions Asia (LCA) 2012/2013.

Hanya saja menurut peraturan terbaru, setiap klub yang berlaga di LCA harus memenuhi standar klub profesional yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Setidaknya terdapat lima kriteria yang menjadi penilaian AFC. Diantaranya adalah terkait profesionalisme klub seperti infrastruktur pendukung, financing (pendanaan klub), youth development, supporting, dan legalitas dari sebuah klub.

Dan yang tidak kalah penting adalah terdapat standart skor minimum yang ditetapkan AFC, yakni 600 dari semua aspek.

Keputusan resmi terkait klub mana yang akan mendapat jatah ke LCA, baru diputuskan AFC pada November 2012 mendatang.

Jika tidak ada perubahan perwakilan AFC akan hadir di Indonesia pada 24 Oktober 2012, guna memaparkan syarat dan standar suatu negara supaya layak berlaga di LCA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda