Scroll to Top

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri demi AFF Cup 2012

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 20 Oct 2012

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri

Timnas Indonesia membutuhkan pertandingan uji coba di luar negeri. Demikian yang dicetuskan oleh pelatih Nil Maizar. Dengan berlaga di luar negeri, mental bertanding pasukan Garuda akan semakin tangguh. Apalagi AFF Cup 2012 mendatang juga akan digelar di Malaysia.

Nil Maizar, pelatih timnas Indonesia, berharap para pemainnya bisa menjalani pertandingan uji coba di luar negeri. Dengan terbiasa menghadapi teror dari penonton tim lawan, diharapkan mental pasukan Garuda semakin matang. Uji coba di luar negeri menjadi semakin penting jika melihat AFF Cup 2012 mendatang. Indonesia berada di Grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Laos. Laga Grup B sendiri akan berlangsung di Malaysia.

“Jika bisa ada pertandingan persahabatan lagi di luar negeri, (hal) itu bagus untuk membangun mental pemain. Sebab, nanti di Piala AFF 2012 kita akan bermain di kandang lawan,” sebut Nil.

Nil Maizar sendiri mengaku cukup puas dengan mental para pemain kala menghadapi Vietnam (0-0) pada Selasa, 16 Oktober 2012. Ketika itu, meski diteror penonton Vietnam, pasukan Garuda tak terpengaruh.

“Saat menghadapi Vietnam di Hanoi, stadion penuh dan penonton meneror para pemain. Tetapi, anak-anak tidak terpengaruh. Kondisi seperti di Hanoi itu bagus untuk perkembangan tim.”

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri 2

Selama ini, Indonesia memang terkenal dengan sebutan ‘jago kandang’. Sebagai contoh, dalam AFF Cup 2010 lalu. Meski mampu menyapu bersih kemenangan kala menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, Indonesia justru terkulai dalam satu-satunya laga tandang. Yaitu, kala dibekap Malaysia dengan skor telak 3-0. Di AFF Cup 2007, bahkan Indonesia tak bisa keluar dari babak penyisihan grup kala Singapura menjadi tuan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda