Scroll to Top

Inggris Tersingkir dari Piala Dunia U-20 Setelah Ditekuk Nigeria 0-1

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Tragis nian nasib Inggris U-20. Sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia U-20, para singa muda tidak bisa mencetak sebiji gol pun. Padahal, total, Inggris sudah berlaga empat kali. Kemandulan lini depan Inggris kembali terlihat saat mereka dibekap Nigeria 0-1 di babak 16 besar.

Di tingkat senior, Nigeria boleh saja dipandang sebelah mata jika berhadapan dengan Inggris. Namun, di tingkat junior, lain ceritanya. Inggris lolos ke babak 16 besar dengan cara yang sama sekali tidak meyakinkan. Mereka cuma bisa imbang 0-0 dengan tiga tim lain di Grup F, yaitu tim “lemah” Korea Utara, Meksiko, dan musuh bebuyutan, Argentina.

Berbanding terbalik dengan Nigeria. Elang Afrika memegang rekor 100% menang di babak penyisihan. Termasuk mencetak 5 gol ke gawang Kroasia (5-2) dan Guatemala (5-0). Bertarung dengan Inggris, jelas Nigeria lebih diunggulkan.

Fakta di lapangan pun demikian adanya. Dalam hal ball possession, Nigeria menang 60% banding 40%. Jumlah tembakan Nigeria tercatat 17 kali dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang Inggris yang dijaga Jack Butland. Sementara, Inggris cuma melepas 2 shots on target dari 11 tembakan.

Setelah babak pertama yang tanpa gol, Nigeria lebih tangguh di babak kedua. Sempat memaksa Butland berjibaku, para pemain Elang Afrika akhirnya bisa membobol gawang Inggris di menit 52. Dari sisi kiri, pergerakan Olarenwaju Kayode membuahkan hasil memuaskan. Sebuah umpan terukur dikirim tepat kepada Edafe Egbedi. Tak menyiakan peluang, Egbedi menaklukkan Butland.

Gol Egbedi tadi menjadi satu-satunya hiburan dalam pertandingan ini. Nigeria melangkah mulus ke babak perempat final. Sementara, bagi Inggris, hasil ini membuat mereka mematahkan rekor Meksiko sebagai tim terlama yang belum pernah menang di babak final Piala Dunia U-20. Dengan hasil tiga kali seri dan sekali kalah sepanjang turnamen, Inggris mencatat 13 pertandingan tanpa kemenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda