Scroll to Top

5 Fakta Tentang Kolesterol yang Mungkin Belum Anda Tahu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 20 Oct 2012

kolesterol

Secara umum kolesterol dianggap “makhluk jahat” yang siap menjadi penyebab utama dari penyakit kardiovaskular. Dengan kadar kolesterol tinggi dan hipertensi, seseorang akan meningkat risiko terkena serangan jantung dan stroke. Kolesterol jenis LDL, terutama, adalah lemak yang banyak ditemukan pada berbagai menu makanan di era modern ini.

Tahukah Anda? Untuk urusan kolesterol ini, ada hal yang mungkin belum banyak orang paham. Dikutip dari Times of India, inilah lima fakta mengejutkan tentang kolesterol:

  1. Saat kolesterol kadarnya naik, ada tanda yang bisa terbaca dari tubuh. Munculnya benjolan kemerahan pada tubuh adalah tanda seseorang memiliki kolesterol tinggi. Peristiwa ini disebut dengan xanthomas.
  2. Berolahraga dapat meningkatkan kolesterol HDL. Jenis kolesterol ini bisa melawan kolesterol LDL yang jahat. HDL adalah kolesterol yang bersahabat dengan kesehatan dan mampu menurunkan risiko kesehatan dari penumpukan kolesterol LDL. Olahraga menjadi cara alami untuk meningkatkan kolesterol baik.
  3. Setelah wanita mengalami menopause, kolesterolnya beranjak naik. Penyebabnya adalah kadar estrogen pada wanita menjadi rendah. Estrogen salah satunya punya fungsi menjaga kadar kolesterol. Kolesterol meningkat tajam ketika hormon ini berkurang produksinya, sehingga juga menimbulkan risiko serangan jantung pada wanita.
  4. Kadar kolesterol yang rendah sebenarnya juga punya efek buruk. Dalam jumlah yang terkontrol, kolesterol berperan untuk mencegah hadirnya jenis kanker tertentu dan melawan depresi. Oleh karena itu, perlu menjaga kadar kolesterol tetap stabil di sekitar 160 mg/dL.
  5. Anak-anak juga bisa memiliki kolesterol tinggi. Penyebabnya lebih karena gaya hidup tidak sehat yang dibiasakan untuk mereka. Banyak anak-anak sekarang yang mengalami obesitas dan berisiko sakit jantung. Mereka memiliki kolesterol tinggi di usia muda. Pemeriksaan kolesterol memang sebaiknya dilakukan mulai usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda