Scroll to Top

Google Bakal Blokir Situs-Situs Media di Perancis dari Hasil Pencarian

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 20 Oct 2012

Google

Tak sudi membayar pajak di Perancis, Google justru mengancam bakal memblokir situs-stus media Perancis di hasil penelusuran. Google tak gentar dengan gertakan pemerintahan Perancis dan membangkang dengan ancaman yang tak kalah garang.

Polemik ini muncul tatkala pemerintah Perancis yang sedang menyusun sebuah RUU yang nantinya mewajibkan raja penelusuran ini untuk membayar sejumlah uang bilamana konten berita yang ditampilkan di hasil penelusuran berasal dari media Perancis.

Tentu saja Google sangat keberatan. Tiap bulannya Google merujuk 4 miliar klik ke laman media Perancis di internet. Bisa dibayangkan berapa besar ‘upeti’ yang harus dibayar Google ke pemerintah Perancis.

Tak sudi dengan ‘pungli’ ini, Google pun berbalik mengancam. Situs pencarian ini akan menghilangkan semua situs berita dari media Perancis di hasil penelusuran. Google dengan tegas tidak menerima permintaan yang diinginkan pemerintah Perancis.

Lebih parahnya lagi, Google akan berhenti mengindeks situs-situs media Perancis. Dengan demikian situs referensi asal Perancis akan musnah di mesin penelusuran mereka. Namun sayangnya media-media di Perancis justru mendukung upaya (RUU) pemerintah.

Yang menjadi ujung persoalan antara kedua belah fihak sebenarnya adalah iklan. Tatkala menampilkan berita utama, Google hanya memunculkan beberapa kalimat dari situs yang akan direferensikan. Dan Google pun mendapatkan keuntungan dari iklan.

Situs-situs media Perancis keberatan akan hal ini. Mereka kehilangan pengiklan sebab pembaca tak lagi menuju situs yang bersangkutan dengan menklik tautan berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda