Scroll to Top

Piala Dunia U-20: Korea Selatan Ditaklukkan Spanyol dalam Drama Adu Penalti

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Korea Selatan harus menerima nasib sial di Piala Dunia U-20. Bermain 0-0 sepanjang 12o menit menghadapi Spanyol, tim Taeguk terpaksa menyerah dalam drama adu penalti 7-6.

Dalam waktu normal, Spanyol sebenarnya mendominasi pertandingan. Berkali-kali mereka mencoba membongkar pertahanan Korea Selatan. Namun, berkat kerapihan lini belakang wakil Asia tersebut plus kegigigan kiper No Dong Geok, gawang Korea Selatan masih perawan selama 120 menit. Bayangkan, Spanyol menguasai 63% bola dan melepaskan 8 tendangan akurat dari 25 tembakan. Sementara dari 8 percobaan, cuma 3 tembakan laskar Korea Selatan yang mengarah ke gawang lawan.

Mendominasi pertandingan bukan berarti akan memperoleh gol. Peluang Koke, Cristian Tello, hingga Alvaro Vazquez terbuang percuma. Nama terakhir bisa saja menjadi pahlawan tim matador pada menit 111. Sayang, tembakannya dari jarak dekat, menyamping ke sisi gawang.

Karena kedudukan 0-0 tetap bertahan, kedua tim beradu keberuntungan dalam babak adu penalti. Cristian Tello dan Recio dari Spanyol menjalankan misinya dengan sukses. Begitu pula dengan Jung Seung Yong dan Nam Seung Woo.

Petaka sempat meliputi kubu Spanyol pada penendang ketiga. Tendangan Koke melebar. Namun, Korea Selatan gagal memanfaatkan kesempatan. Tendangan Lee Ki Je ditepis kiper Spanyol, Fernando Pacheco.

Berikutnya, Alvaro Vazquez dan Isco juga mulus mengeksekusi penalti. Hal sama berlaku untuk Kim Jin Su dan Jang Hyun Soo. Alhasil, adu penalti ditambah hingga salah satu tim ada yang meleset.

Marc Bartra dan Min Sang Gi sama-sama berhasil menaklukkan kiper lawan. Juga Jordi Amat dan Baek Sung Dong.

Kesialan menimpa penendang ke-8 Korea Selatan. Tendangan Kim Kyung Jung melebar. Sementara, eks gelandang Barcelona yang kini berseragam Chelsea, Oriol Romeu, sukses menjalankan tugasnya. 7-6, Spanyol lolos ke perempat final. Sementara, Korea Selatan membuat wakil Asia tersisa tinggal Arab Saudi yang mesti menghadapi ketangguhan Brazil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda