Scroll to Top

Valencia vs Athletic Bilbao 3-2: Kemenangan Dramatis El Che

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 21 Oct 2012

Athletic Bilbao vs Osasuna 1-0

Secara dramatis, Valencia sukses menggebuk Athletic Bilbao dalam hasil pertandingan Valencia vs Athletic Bilbao skor 3-2.Kubu Mestalla dibuat panas dingin selama lebih dari 87 menit. Sebelum akhirnya Tino Costa dan Nelson Valdez menjadi pencetak skor Valencia vs Athletic Bilbao. Berkat kemenangan ini, Valencia mulai bangkit dari keterpurukan. Sementara, Athletic Bilbao tenggelam.

Pasukan Kelelawar memulai pertandingan Valencia vs Athletic Bilbao dengan beberapa percobaan mematikan. Posisi mereka yang masih di bawah sepuluh besar, membuat anak asuh Mauricio Pellegrino berupaya menebar ancaman semematikan mungkin. Namun justru tim tamu yang unggul terlebih dahulu.

Lima bulan lalu, Aritz Aduriz masih menjadi pahlawan Valencia. Gol-golnya dinantikan publik Mestalla. Namun kali ini, gol cantik di menit 18 jelas bukan harapan tuan rumah.

Umpan terobosan brilian kepada Oscar de Marcos, berhasil dipotong oleh Jeremy Mathieu. Namun, aksinya tak sempurna. Bola mengarah pada Aduriz yang melepaskan tembakan cantik ke gawang Valencia. Vicente Guaita yang sudah salah posisi tak bisa membendung gol mantan rekan satu tim.

Valencia merespons tujuh menit kemudian. Jonathan Viera yang melewati Ander Iturraspe melepaskan tembakan yang menyentuh tangan Borja Ekiza.

Tak ada pilihan lain bagi wasit Alberto Undiano untuk menunjuk titik putih. Dan Roberto Soldado yang musim ini kering gol, mengeksekusi tendangan 12 pas dengan sempurna. 1-1.

Prediksi Valencia vs Athletic Bilbao

Singa-singa San Mames pantang menyerah. Athletic masih bisa kembali unggul. Lagi-lagi melalui Aritz Aduriz. Beawal dari tenadngan sudut, Fernando Amorebieta mengungguli Adil Rami dalam menyambut bola. Dan Aduriz, sekali lagi menaklukkan Guaita. Kali ini dari jarak dekat. 1-2 di menit 30.

Valencia lebih banyak melepaskan tembakan di babak pertama. Sebaliknya, Athletic yang lebih unggul dalam ball possessions, tak banyak menghasilkan peluang.

Selepas turun minum, Los Che masih mencari gol penyeimbang. Sementara, gelandang muda Athletic, Ander Herrera malah mendapatkan kartu merah karena hal tak perlu. Berawal dari pelanggaran terhadap dirinya, Ander yang tersulut emosinya, menendang Tino Costa. Tak bisa ditawar lagi, Alberto Undiano melayangkan kartu merah padanya di menit 67.

Setelah nyaris dibuat frustrasi sepanjang laga, Valencia akhirnya mendapat momentum ketika Tino Costa berhasil menyamakan skor di menit 88. Dan kala para pemain Athletic masih belum menyadari apa yang terjadi, memanfaatkan umpan tendangan bebas, Nelson Valdez sukses menanduk bola untuk tak terhalau oleh Gorka Iraizoz di menit 90.

Skor akhir 3-2. Valencia sukses bangkit meski dua kali tertinggal. Dan pelatih Mauricio Pellegrino bisa menarik napas lega, nasibnya di Mestalla belum berakhir.

Valencia (4-2-3-1):13-Guaita; 14-Barragán, 4-A. Rami, 18-Víctor Ruíz, 22-J. Mathieu (10-É. Banega 77′); 5-F. Gago, 24-A. Costa; 15-Jonathan Viera, 28-Juan Bernat (17-A. Guardado 73′), 7-Jonas (16-N. Valdéz ’62); 9-Soldado

Pelatih: Mauricio Pellegrino

Athletic Bilbao (4-2-3-1):1-Iraizoz; 15-Iraola, 5-F. Amorebieta, 23-Ekiza, 17-Iñigo Pérez; 8-Iturraspe, 10-De Marcos; 14-Susaeta, 21-Ander Herrera, 19-Muniain, (11-Ibai 64′ [6-San José 87′]); 20-Aduriz (3-Aurtenetxe 72′)

Pelatih: Marcelo Bielsa

    Valencia       Athletic Bilbao
27 (12) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 7 (3)
12 Pelanggaran 10
11 Tendangan Sudut 5
1 Off side 1
55% Ball Possession 45%
3 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 1
1 Penyelamatan 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda