Scroll to Top

Ponsel Bisa Picu Listrik Statis di SPBU

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Keberatankah Anda bila mematikan ponsel sejenak ketika mengisi BBM di SPBU? Sebaiknya Anda mulai peduli hal ini sekarang. Semua peralatan yang dioperasikan menggunakan baterai, menimbulkan potensi terjadinya percikan listrik statis. Bahayanya, jika percikan tersebut mengenai uap BBM yang sedang diisikan ke kendaraan, maka dapat menyulut api dan membahayakan keselamatan. Kebakaran bisa tidak terhindarkan.

Sebenarnya SPBU di Indonesia juga banyak yang memasang stiker pelarangan penggunaan ponsel di area pengisian BBM. Namun, tetap saja banyak yang ngeyel dan tidak sedikit yang menelepon dalam area.

“SPBU adalah tempat yang memiliki potensi bahaya dan ketika mengisi BBM adalah aktivitas yang mempunyai potensi bahaya,” kata David Purchase, Executive Director Victorian Automobile Chamber of Commerce (VACC), seperti dikutip DapurPacu.

Purchase mengingatkan, penyebab umum kebakaran adalah munculnya listrik statis. Oleh karena itu, VACC mengingatkan untuk tidak bosan mengingatkan bahaya ponsel di area SPBU demi keselamatan bersama.

“Para pengendara, produsen handphone dan SPBU harus menganggap serius perkara ini,” kata Purchase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda