Scroll to Top

Saat Tersudut, Orang Cenderung Berbohong

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 21 Oct 2012

bohong

Orang-orang yang dalam keadaan tertekan oleh waktu pada masalah yang berhubungan dengan masalah finansial, cenderung berbohong demi kepentingannya sendiri. Apalagi jika suatu urusan itu berdampak pada pemberian uang kepada dirinya, seseorang jauh lebih aktif dalam berbohong. Demikian menurut studi dari University of Amsterdam dan Ben-Gurion University.

Sebaliknya, saat seseorang tidak cemas oleh tekanan waktu, dia lebih cenderung untuk berkata jujur. Pasalnya, dia tidak memiliki tendensi untuk melakukan kebohongan. Mereka tidak dalam keadaan terhimpit keadaan, sehingga tidak memaksa membuat alibi agar perbuatannya bisa dipandang rasional oleh lawan bicaranya.

Menurut peneliti, ini menunjukkan sebuah egoisme yang dimiliki oleh banyak orang. Mereka akan mempertahankan diri demi eksistensi – dan mungkin pendapatannya – agar tidak hilang jika harus berkata jujur. Kondisi tertekan oleh waktu membuat orang membenarkan tindakan berbohong untuk tujuan tersebut. Etika tidak terlalu ditaati saat posisi seseorang terjepit.

“Salah satu implikasi dari temuan ini yaitu, untuk meningkatkan kemungkinan perilaku jujur dalam bisnis atau urusan pribadi, adalah penting untuk tidak mendorong seseorang  menjadi tersudutkan melainkan perlu untuk memberinya waktu,” kata Shaul Shalvi, peneliti, seperti dikutip Times of India.

Shalvi juga mengatakan, ada baiknya ketika seseorang yang mungkin dihadapkan pada tekanan waktu diberikan kesempatan beberapa saat untuk mempersiapkan diri sebelum berbicara. Dengan begitu, dia lebih bisa menyiapkan mental dan untuk bicara dengan jujur. Tidak semua orang mampu bekerja dalam deadline yang ketat atau mendadak.

Studi ini dimuat dalam Psychological Science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda