Scroll to Top

10 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 21 Oct 2012

lidah buaya

Lidah buaya, atau Aloe Vera, sangat dikenal untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe. Cukup potong sedikit dagingnya dan dioleskan pada kulit kepala, rambut akan merasakan efek sehatnya. Tahukah Anda? Lidah buaya ternyata masih punya segudang manfaat yang tidak kalah dahsyatnya. Dikutip dari Times of India, berikut ini berbagai manfaat lidah buaya yang sebaiknya Anda tahu:

  1. Jika kulit mengalami luka, gunakan gel di dalam lidah buaya untuk dioleskan pada bagian luka. Dalam gel tersebut terdapat antibakteri dan antiseptik untuk mencegah infeksi sekaligus mempercepat penyembuhan.
  2. Jerawat dan kulit mulus bisa pula didapatkan dengan mengoleskan gel lidah buaya. Namun, untuk jerawat, lebih terbatas untuk menangani jerawat karena peradangan oleh kuman. Kemerahan pada kulit juga bisa dikurangi dengan mengoleskan gel ini.
  3. Gel lidah buaya bermanfaat untuk mendinginkan kulit yang terkena luka bakar. Selain itu, turut berperan untuk regenerasi sel yang rusak karena luka bakar.
  4. Lidah buaya berguna untuk mencerahkan kulit dan melindungi dari buruknya paparan sinar matahari.
  5. Dengan dioleskan ke kulit, lidah buaya bisa menguangi efek penuaan dan menjadi pelembab alami bagi kulit. Jadi, lidah buaya bagus untuk terapi awet muda.
  6. Lidah buaya juga memiliki zat antialergi. Gatal-gatal di kulit bisa diobati dengan tanaman ini.
  7. Kalau dikonsumsi, lidah buaya bisa meredakan keasaman, gastritis, peradangan dalam tubuh, dan menyembuhkan borok di usus.
  8. Lidah buaya punya banyak kandungan vitamin dan asam amino. Sehingga, tanaman ini berfungsi sebagai immuno-modulator, restoratif, dan antioksidan. Sistem kekebalan tubuh bisa menguat, menyegarkan kulit, dan membuat lebih awet muda.
  9. Serat alaminya berguna untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya.
  10. Lidah buaya memiliki pengaruh pada bakteri, virus, jamur, dan ragi. Sehingga, tanaman juga juga punya fungsi anti-mikroba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda