Scroll to Top

Pasar Mobil Indonesia Masih Ramai Tahun Depan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 21 Oct 2012

pilih mobil

Keinginan masyarakat untuk memiliki roda empat tampaknya masih menunjukkan peningkatan. Pasalnya, diperkirakan pasar mobil di Indonesia masih sedikit ramai tahun depan sekali pun pertumbuhan ekonomi mungkin berjalan lebih lambat akibat krisis utang di Eropa. Johnny Darmawan, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan, penjualan mobil tahun 2013 diperkirakan masih akan naik hingga 5 sampai 10 persen. Demikian dikutip dari Antara.

Masuknya banyak pilihan mobil murah mulai tahun depan disinyalir menjadi salah satu faktor pendukung kuat yang memengaruhi naiknya minat beli konsumen. Pasar mobil Indonesia diperkirakan juga akan tambah menggeliat dengan rencana pemerintah yang berencana memberikan insentif untuk pembelian mobil ramah lingkungan. Beberapa merek segera meluncurkan produk mobil murahnya di Indonesia, di antaranya Toyota dan Tata Motors.

“Selain itu, tahun depan kapasitas produksi mobil di dalam negeri juga akan meningkat hingga menjadi 1,2 juta sampai 1,3 juta unit, karena beroperasinya pabrik baru dari sejumlah merek seperti Daihatsu, Toyota, dan Suzuki,” kata Johnny.

Secara statistik, jumlah penjualan mobil tahun 2012 diperkirakan ada 1.050 juta unit. Proyeksi ini melihat dari penjualan Januari-September 2012 yang sebesar 816.322 unit dan perkiraan penjualan di triwulan akhir sebanyak 240 ribu unit. Penjualan mobil tahun depan diperkirakan turun dari tahun ini yang meningkat 20 persen ke atas.

“Biasanya setelah pertumbuhan permintaan yang tinggi, pasar akan terkoreksi,” kata Johnny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda