Scroll to Top

Hasil MotoGP Sepang Malaysia : Lomba Dihentikan, Dani Pedrosa Juara

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 21 Oct 2012

MotoGP Malaysia 2012 Podium

Lomba MotoGP Sepang Malaysia yang semula direncanakan akan berlangsung selama 20 putaran harus berakhir di putaran ke-13 akibat hujan deras yang turun membasahi seluruh area sirkuit.

Sejak awal, panitia telah memastikan bahwa lomba akan berjalan dalam kondisi lintasan basah. Jorge Lorenzo yang memulai dari posisi pole tidak membuang kesempatan untuk berada di posisi pimpinan lomba selepas start.

Dani Pedrosa menyusul di posisi kedua menempel ketat Lorenzo. Keduanya langsung menjauh dari kejaran pembalap lain dibelakang mereka membuat jarak 6 detik.

Terus menempel ketat, Pedrosa akhirnya berhasil menyusul Lorenzo di putaran ke-10. Ia kemudian menjauh dari kejaran Lorenzo seiring dengan semakin derasnya hujan yang turun.

Lorenzo yang kesulitan mengendalikan motornya dibawah siraman hujan memberi tanda kepada pengawas agar lomba segera dihentikan karena terlalu berbahaya.

Hingga akhirnya sebuah insiden nyaris membuat Lorenzo gagal finis pada seri ini, Bendera merah pun dikibarkan tanda lomba dihentikan untuk sementara.

Seluruh pembalap diminta masuk ke pit stop menunggu hujan reda untuk melakukan start ulang. Namun hujan yang tidak kunjung reda membuat pengawas lomba memutuskan untuk menghentikan lomba secara total dengan alasan keamanan.

Pedrosa yang pada putaran ke-13 sedang memimpin dengan keunggulan 3 detik dari Lorenzo berhak atas podium utama seri ini. Lorenzo harus puas berada di posisi kedua diikuti rekan satu tim Pedrosa, Casey Stoner, yang berada di posisi ketiga.

Kemenangan ini membawa Pedrosa mendekatkan jarak menjadi 23 angka terhadap Lorenzo. Dengan hanya dua seri tersisa, Pedrosa mengemban misi untuk selalu menang. Sebab itulah satu-satunya cara agar kesempatannya menjadi juara dunia tetap terbuka.

Duo pembalap Ducati, Nicky Hayden dan Valentino Rossi, finis di posisi keempat dan kelima secara berurutan. Alvaro Bautista yang gagal mengamankan posisi kelimanya dari Rossi harus puas finis keenam.

Di posisi ketujuh, Hector Barbera memilih bermain aman setelah menyaksikan empat pembalap didepannya terjatuh. Dimulai dari Ben Spies lalu disusul duo Tech3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, juga Stefan Bradl dari LCR Honda.

Posisi kedelapan menjadi milik pembalap kategori CRT dari tim Aspar Aprilia, Aleix Espargaro, diikuti James Ellison dan posisi terakhir di sepuluh besar menjadi milik Karel Abraham.

Hasil MotoGP Sepang Malaysia 2012:

  1.  Dani Pedrosa ESP Repsol Honda  29m 29.049s
  2.  Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 29m 32.823s
  3.  Casey Stoner AUS Repsol Honda  29m 36.193s
  4.  Nicky Hayden USA Ducati Team  29m 39.567s
  5.  Valentino Rossi ITA Ducati Team  29m 45.808s
  6.  Alvaro Bautista ESP San Carlo Honda Gresini 29m 46.325s
  7.  Hector Barbera ESP Pramac Racing 30m 19.331s
  8.  Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar  30m 20.634s
  9.  James Ellison GBR Paul Bird Motorsport 30m 25.725s
  10.  Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing  30m 26.671s
  11.  Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing 30m 31.854s
  12.  Michele Pirro ITA San Carlo Honda Gresini 30m 31.940s
  13.  Andrea Dovizioso ITA Monster Yamaha Tech 3  30m 58.038s

Retirements:

  • Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP
  • Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3
  • Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar
  • Ivan Silva ESP Avintia Blusens
  • Colin Edwards USA NGM Forward Racing
  • Ben Spies USA Yamaha Factory Racing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda