Scroll to Top

Nyamuk Jantan Mandul, Malaria Berkurang

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Endemi malaria bisa dicegah dengan menekan laju pertumbuhan nyamuk yang membawa kumannya. Ini bisa dilakukan dengan melakukan rekayasa genetik yang memungkinkan nyamuk jantan menjadi mandul. Nyamuk jantan dikondisikan agar tidak mempunyai sperma yang dapat melakukan pembuahan normal setelah proses kawin berlangsung.

Ilmuwan Inggris yang menggagas langkah ini. Dengan membuat nyamuk jantan mandul, berarti memutus rantai keturunan. Para peneliti dari London’s Imperial College itu mengatakan, sel telur yang dibuahi oleh sperma mandul tidak akan menghasilkan keturunan.

Nyamuk betina tidak mampu mendeteksi nyamuk jantan yang subur maupun mandul. Dan, nyamuk betina hanya kawin sekali dalam hidupnya. Dengan begitu, ketika nyamuk betina kawin dengan nyamuk jantan yang mandul, maka pencegahan munculnya bibit-bibit nyamuk pembawa kuman malaria dapat dilakukan.

Wabah malaria telah menjangkiti sebagian besar warga Afrika. Di sana jumlah warga yang meninggal akibat malaria mencapai angka 800 ribu orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda