Scroll to Top

PSSI Akan Ditekan KONI dalam Urusan Timnas Sepakbola SEA Games 2013?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 22 Oct 2012

PSSI Silver

Masalah siapa yang berhak mempersiapkan timnas sepakbola Indonesia untuk ajang SEA Games 2013 belum menemui titik terang. KONI Pusat mengklaim akan mengambil sikap untuk menghadapi PSSI yang ‘tidak mau memenuhi undangan rapat’. Sementara itu, ketua umum PSSI, Djohar Arifin, prihatin dengan sikap KONI yang dianggap ‘merobek kesepakatan JC (Joint Committe) dan Task Force AFC’.

Beberapa waktu lalu, KONI Pusat mengundang perwakilan PSSI dan KPSI untuk duduk bersama membahas timnas sepakbola yang akan diterjukan ke SEA Games 2013 di Myanmar. Namun, PSSI menolak pertemuan ini.  Menurut PSSI, tindakan KONI yang mengundang KPSI, diibaratkan sebagai ‘menikam anggota sendiri dan membela badan yang ilegal’.

Seperti dikutip oleh Suara Karya, Ketua Umum PSSI menyebutkan, “Dengan adanya keinginan membentuk timnas (bersama antara KPSI dan PSSI yang ‘dinaungi’ oleh KONI), KONi sudah merobek kesepakatan JC (Joint Committe) dan Task Force.”

Djohar Arifin  juga melihat KONI tidak mampu menjalankan AD-ART mereka, terutama masalah tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi).

Menanggapi sikap PSSI yang tidak ikut serta dalam rapat bersama, KONI mengaku tidak akan terus menunggu. Humas KONI Pusat, Aziz Manaf, menyatakan bahwa KONI memiliki batas waktu untuk memasukkan nama pemain ke dalam program Prima (Program Indonesia Emas) demi SEA Games tahun depan.

“Kita tidak mungkin terus menunggu pihak PSSI (pimpinan Djohar Arifin) yang tidak pernah memenuhi undangan rapat. KONI Pusat punya batas waktu harus memasukkan daftar nama pemain timnas yang bakal dimasukkan dalam Program Indonesia Emas (Prima) untuk menghadapi SEA Games Myanmar 2013,” katanya.

Dan, andai PSSI terus menolak undangan rapat bersama, KONI pusat siap mengambil sikap. Meskipun tidak dijelaskan secara terperinci, apakah sikap yang diambil KONI. Apakah menekan PSSI untuk mengikuti ‘aturan main versi KONI’ atau bahkan lebih lauh lagi.

“KONI Pusat sudah memiliki niat baik. Jadi, kalau tetap tidak memenuhi undangan yah kita akan mengambil sikap,” ucap Azis Manaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda