Scroll to Top

Sembuh Lebih Cepat dengan Menyanyi

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Sepele namun berarti. Itulah menyanyi. Menyanyi bukan saja menjadi kegiatan untuk membebaskan kegundahan hati atau sekadar hobi. Tetapi, dapat pula menjadi solusi kala penyakit menjangkiti.

Para peneliti di Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengamati pengaruh menyanyi untuk kesehatan. Respondennya adalah para pasien di rumah sakit yang diminta untuk menghapal lirik lagu dan menyanyikannya secara teratur. Hasilnya, mereka mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Bernyanyi juga mengalihkan perhatian otak dalam memunculkan rasa sakit. Begitu pula yang dirasakan responden, mereka tidak lagi merasakan sakit setelah melakukannya dengan rutin.

Pengaruh menyanyi pada kesehatan terletak pada peredarah darah yang menjadi lancar. Asupan oksigen meningkat kala bernyanyi. Otot dan syaraf manusia juga ikut menjadi rileks  dan mengendur. Akhirnya, faktor tersebut menjadikan tubuh manusia menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda