Scroll to Top

Video : Letusan Matahari Terbesar Tahun Ini

By angelberta / Published on Thursday, 11 Aug 2011

letusan matahari terbesar 2011Hari Selasa 9 Agustus 2011 lalu, matahari menyemburkan lidah-lidah apinya / solar flare dini hari pada pukul 03:48 EDT atau 8 Agustus sekitar pukul 14:48 WIB. Ledakan dengan skala X6.9, dimana lebih kuat daripada yang terlihat pada tahun sebelumnya.

Melalui penangkapan Solar Dynamics Observatory milik NASA dan diukur oleh satelit NOAA GOES, ledakan matahari pagi itu sudah pasti merupakan ledakan terkuat dari siklus matahari saat ini. Dengan skala X6.9, tiga kali (penuh) lebih kuat dari sebelumnya yaitu X2.2 yang diukur kembali pada Februari lalu.

 

[youtube nbiVJWO6J10]

 

NASA memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan gangguan komunikasi radio dan beberapa pemadaman, dan mungkin sesuatu yang lebih buruk. Untungnya, semburan radiasi raksasa tersebut tidak dapat melewati atmosfer bumi untuk menyakiti manusia.

Dalam kasus ini, tampak pembakaran yang cukup kuat sehingga berpotensi untuk menyebabkan pemadaman radio dan beberapa alat komunikasi. Hal ini juga meningkatkan radiasi matahari, dan cukup mempengaruhi manusia di ruang angkasa jika mereka tidak melindungi diri mereka sendiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda