Scroll to Top

Koneksi Internet Indonesia Paling Lambat Se-Asia, Seberapa Parah?

By Ditya / Published on Monday, 22 Oct 2012

domain internet

Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan koneksi internet paling lambat se-Asia Pasifik. Hal ini diungkapkan oleh Akamai, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang internet content delivery, seberapa parahkah lambatnya koneksi Internet di Indonesia?

Beberapa pihak seperti Mastel mengatakan bahwa lambatnya koneksi internet di Indonesia ini dikarenakan Indonesia salah kaprah menetapkan koneksi broadband, hal ini diungkapkan oleh pimpinan Mastel, Setyanto P. Sentosa.

“Sekitar 95 persen koneksi internet di Tanah Air masih memakai koneksi wireless, sisanya memakai kabel. Indonesia itu salah kaprah,” kata Setyanto P. Sentosa.

Seperti yang dilansir dari Kompas (22/10/2012), Setyanto P. Sentosa juga menambahkan bahwa seharusnya Indonesia sebagai negara berkembang, koneksi fixed wireless atau koneksi kabel karus dikembangkan dan diperbesar, bukan koneksi wireless yang justru menjadi perhatian.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Akamai yang berjudul “2012 State of the Internet” menunjukan bahwa kecepatan internet di Indonesia masih sangat lambat. 13,8 persen pengguna internet mendapatkan koneksi ineternet dibawah 256kbps atau setara teknologi GSM EDGE.

Koneksi diatas 4mbps
Tabel jumlah pengguna internet dengan koneksi diatas 4 Mbps

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Akamai ini juga menunjukan bahwa pengguna internet Indonesia yang mendapatkan koneksi internet broadband kecepatan tinggi masih sangat sedikit, hanya 0,82 persen saja yang mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan 4Mbps.

Broadband
Tabel jumlah pengguna internet dengan koneksi diatas 10 Mbps

Tak hanya itu, Akamai juga menggolongkan kecepatan internet broadband sebagai koneksi internet dengan kecepatan 4Mbps atau lebih. Diatas kategori broadband menurut Akamai, ada high broadband yang menawarkan kecepatan koneksi internet 10Mbps. Pengguna internet Indonesia yang memiliki kecepatan internet seperti ini hanya 0,1 persen.

Pertumbuhan koneksi
Tabel pertumbuhan maksimal kecepatan koneksi internet.

Akamai juga mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan yang tertinggi kedua se-Asia Pasifik  untuk pertumbuhan kecepatan koneksi internet maksimal atau (peak) year-over-year yakni meningkat 93 persen menjadi 8,4 Mbps pada kuartal kedua tahun 2012.

Rata-rata kecepatan koneksi internet di Tanah Air memang cukup lambat jika dibanding negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura atau bahkan Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda