Scroll to Top

Internet Indonesia Lemot, Kemenkominfo: Itu tidak Benar

By Ibnu Azis / Published on Monday, 22 Oct 2012

Internet Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyanggah jika survei yang mengatakan internet Indonesia lambat tidak benar. Survei tersebut tidak akurat jika dibandingkan dengan negara yang memiliki jumlah penduduk dan demografi yang berbeda.

Sebelumnya situs Akamai merilis data kecepatan internet di seluruh dunia. Dari data-data tersebut, terkuak bila di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), internet Indonesia paling lemot jika dibandingkan wilayah lain.

Negara ASEAN yang memiliki kecepatan internet paling tinggi yakni Singapura dengan rata-rata 5,127 Kbps. Kemudian disusul Thailand (3,376 Kbps), Malaysia (2,173), dan kemudian Myanmar (1,944 Kbps). Selengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Singapura 5,127 Kbps.
  2. Thailand 3,376 Kbps.
  3. Malaysia 2,173 Kbps.
  4. Myanmar 1,944 Kbps.
  5. Vietnam 1,594 Kbps.
  6. Kamboja 1,376 Kbps.
  7. Filipina 1,201Kbps.
  8. Brunei 1,188 Kbps.
  9. Laos 1,097 Kbps.
  10. Indonesia 770 Kbps.

Kemenkominfo menganggap jika survei tersebut tidak akurat. Jika harus dibandingkan dengan jumlah penduduk dan demografi, maka hasilnya Indonesia di posisi paling buntut. Demikian tulis OkeZone.

“Survei yang dilakukan Akami tidak akurat, karena tidak dapat dibandingkan dengan negara seluas Singapura dan Korea Selatan yang jumlah penduduk dan kondisi demografi yang berbeda,” sanggah Kepala Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto.

Menurutnya, koneksi internet Indonesia masih lebih unggul jika dibandingkan Myanmar dan Papua Nugini. Kemenkominfo berjanji akan memerluas percepatan akses ICT di seluruh nusantara.

“Kami terus memperluas percepatan pembangan akses ICT di Tanah Air, seperti penerapan Broadband Wireless Access  (BWA) , Pusat Layanan Internet Kecamatan PLIK serta Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), dan ICT Fund yang akan bergulir tahun depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda