Scroll to Top

Musik Favorit Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pasien Stroke

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Oct 2012

stroke_patient

Salah satu cara yang cukup baik untuk membantu pasien dengan kerusakan otak adalah mendengarkan musik. Orang yang mengalami stroke, salah satunya, bisa diperdengarkan musik kesukaan untuk menyetimulasi otaknya agar terjadi pemulihan bertahap pada kemampuan kognitifnya. Demikian hasil studi dari University of Lyon di Prancis.

Peneliti mengatakan, mendengarkan musik favorit juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada orang yang sehat. Baik diterapkan pada orang sehat maupun yang mengalami masalah dalam pikiran, otak cukup sensitif dalam merespon musik dan bekerja lebih aktif.

“Mendengarkan musik favorit  mengaktifkan memori otobiografi kita, sehingga bisa memudahkan persepsi selanjutnya dari stimulus otobiografi lainnya seperti nama Anda. Hipotesis lain adalah musik meningkatkan gairah atau kesadaran. Jadi mungkin untuk sementara meningkatkan kesadaran dan membedakan nama Anda menjadi lebih mudah,” kata Fabien Perrin, sang peneliti, seperti dikutip NewScientist.

Perrin dan timnya menguji orang yang mengalami masalah kesadaran dengan orang yang sehat untuk diperdengarkan musik yang familiar dengan kehidupan mereka. Dari situ didapatkan hasil bahwa otak pada pasien yang bermasalah dengan kesadarannya ternyata punya respon yang sama seperti pada orang sehat. Bahkan, musik tersebut bisa mengembalikan memori pribadi – seperti nama sendiri – pada pasien yang punya masalah dengan otak.

Namun peneliti belum bisa menjadikan hal ini untuk dimasukkan sebagai salah satu terapi bagi orang stroke. Masih perlu penelitian lebih lanjut. Hanya saja, penelitian awal menunjukkan ada korelasi antara musik dengan peningkatan kerja otak pada pasien yang mengalami kerusakan otak.

Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan Association for the Scientific Study of Consciousness.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda