Scroll to Top

Cegah Stroke Dengan Buah Semangka

By C Novita / Published on Monday, 22 Oct 2012

cegah stroke dengan semangka

Berbagai buah dan sayur telah diketahui mengandung aneka nutrisi yang ternyata memiliki khasiat terhadap pengobatan atau pencegahan pada aneka penyakit. Termasuk di antaranya adalah mencegah stroke.

Serangan stroke bisa dicegah dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah yang mengandung unsur lycopene tinggi atau salah satu jenis antioksidan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Finlandia, bahwa dampak bagi orang yang rajin mengkonsumsi buah dengan lycopene tinggi adalah akan menjauhkannya dari serangan stroke.

Para relawan yang jumlah lycopene dalam darahnya tinggi, atau punya kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur dengan lycopene tinggi, memiliki ketahanan yang lebih besar pada resiko serangan stroke.

Hasil penelitian lain yang dipublikasi pada BBC juga menunjukkan bahwa relawan yang dipantau selama 12 tahun memperlihatkan perbedaan resiko terjadinya serangan stroke.

Mereka yang kadar lycopene pada darahnya rendah punya kans terkena stroke lebih banyak dibanding mereka dengan kadar lycopene tinggi.

Ciri buah yang memiliki kandungan lycopene tinggi adalah berwarna merah cerah. Misalnya saja buah semangka, tomat, ceri, jambu merah dan juga merica.

Kesimpulan penelitian tersebut adalah mengkonsumsi banyak buah dengan lycopene mampu menurunkan resiko terjadinya stroke hingga 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda