Scroll to Top

Barcelona Belum Teruji, Lionel Messi Berasal dari Planet Lain

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 23 Oct 2012

Barcelona Belum Teruji, Lionel Messi Berasal dari Planet Lain

Barcelona musim 2012-2013 memulai salah satu start terbaiknya dalam sejarah. Lionel Messi pun seperti tak bisa berhenti mencetak gol. Namun, bagi seorang Johan Cruyff, ujian sebenarnya bagi Barcelona belum datang. Ketika Blaugrana terlanda krisis, lantas tetap mampu meraih hasil maksimal, barulah terbukti sehebat apa ramuan Tito Vilanova.

Bertengger di puncak klasemen Liga Spanyol dengan nilai 22. Unggul delapan angka dari Real Madrid. Siap menyapu bersih tiga kemenangan di Liga Champions andai menang dari Glasgow Celtic esok hari. Barcelona musim ini, meski terbentur badai cedera lini belakang, mampu menuai hasil sangat brilian.

Banyak yang kemudian memuji sosok Tito Vilanova. Mantan pemain Barcelona B ini dinilai sangat layak menggantikan Pep Guardiola. Pendekatannya pada pemain, kemampuannya membaca permainan, dan kejeliannya dalam melakukan pergantian pemain, membuat Barca terlihat lebih ‘hidup’ setidaknya dibandingkan kala mereka tampil musim 2011-2012 lalu.

Meskipun demikian, bagi Johan Cruyff, pelatih yang pertama kali memberikan gelar Liga Champions pada Barcelona, kemampuan Tito belum benar-benar teruji. Belum saatnya menghakimi sehebat atau sejelek apa Tito hingga tiba saatnya ketika Barca menemui masa sulit. Ketika itulah, kejelian Tito baru bisa dibuktikan.

“Segalanya berjalan lancar untuknya (Tito) saat ini, sesuai yang saya duga. Ia mengenal para pemain, mengenal klub, membantu Pep Guardiola, dan merupakan bagian dari tim yang meraih sekian gelar. Namun, belum saatnya menilai (apakah ia hebat atau tidak). Pembuktian baru terjadi ketika terjadi hal-hal buruk. Ketika terjadi krisis (dalam semusim biasanya sebuah klub akan mengalami krisis pada momen tertentu). Ketika itulah, Anda akan tahu seberapa hebat seorang pelatih.”

Johan Cruyff juga berkomentar seputar Lionel Messi. Bagi Cruyff, pencapaian demi pencapaian Messi di tingkat klub, tak terlepas dari peran para gelandang Barcelona dalam mendukungnya. Meskipun demikian, Cruyff tak mengecilkan peran seorang King Leo. Baginya, Messi tetap merupakan alien yang berasal dari planet lain.

“Messi adalah bintang, tentu saja. Namun, ia bermain demikian brilian karena memiliki Iniesta, Xavi, dan Fabregas yang membantunya. Lihatlah perbedaan ketika ia bermain untuk Argentina; ketika tak benar-benar didukung pemain yang sangat berkualitas. Meskipun begitu, Messi berada dalam standard yang berbeda, bagaikan berasal dari planet lain.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda