Scroll to Top

UltraHD, Nama Standar Baru Untuk TV 4K

By Ditya / Published on Tuesday, 23 Oct 2012

Ultra HD

Akhirnya standar televisi dengan resolusi diatas high definition (HD) yang sering disebut sebagai televisi 4K kini resmi berganti nama menjadi Ultra HD. Consumer Electronics Association (CEA) secara resmi mengumumkan standar baru untuk televisi 4K, yakni Ultra HD.

Seperti yang kita tahu, saat ini terdapat berbagai standar resolusi TV high definition atau HDTV. Hal yang sama juga berlaku pada resolusi layar gadget lain dan juga resolusi video seperti yang digunakan pada standar keping Blu-Ray.

Resolusi 1280 x 720 piksel sering disebut sebagai high definition 720 p atau HD 720p dan resolusi 1920 x 1080 piksel disebut sebagai full high definition atau juga sering disebut sebagai HD 1080p.

Kini muncul standar resolusi TV baru yang mengusung resolusi yang sangat tinggi, yakni minimal 3840 x 2160 piksel dengan lebih dari 8 juta piksel aktif didalamnya dengan menggunakan aspek rasio 16:9. Resolusi ini awalnya disebut sebagai 4K TV dan kini CEA secara resmi menetapkan standar 4K TV ini sebagai standar Ultra HD.

“Ultra HD adalah langkah alami untuki maju pada tingkatan berikutnya dalam teknologi display, yang menawarkan konsumen sebuah pengalaman yang sangat mendalam melihat dengan tingkat detail baru yang luar biasa dari kualitas gambar.”

“Ini istilah baru dan atribut yang disarankan akan membantu konsumen menavigasi pasar untuk mencari TV yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Gary Shapiro, Presiden dan CEO dari CEA.

Sampai saat ini memang tak ada peluncuran resmi mengenai standar TV Ultra HD serta bagaimana TV dengan standar Ultra HD ini ditawarkan. Kebanyakan pengguna awam masih bingung dengan standar HD yang ada saat ini sperti HD 1080p, HD 1080i, HD 720p dan sebagainya.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (22/10/2012), saat ini harga TV yang menggunakan standar 4K atau Ultra HD masih sangat mahal, setidaknya Anda harus merogoh kocek minimal USD $25.000 atau sekitar Rp. 200 jutaan lebih untuk membawa TV Ultra HD kerumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda