Scroll to Top

Tifatul Sembiring Tanggapi Soal Lambatnya Internet Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 23 Oct 2012

Tifatul Sembiring

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring akhirnya angkat bicara soal kabar lambatnya internet di Indonesia. Melalui Twitter, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini memaparkan pandangannya lewat 26 tweet yang ditulis di akun @Tifsembiring.

Sebagaimana diketahui sebelumnya jika menurut situs Akamai, internet Indonesia termasuk paling lelet jika dibandingkan negara-negara di Asia. Bahkan untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi paling buncit.

Pasca pemberitaan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah hasil survei yang dipublikasikan oleh situs Akamai. Menurut Kemenkominfo, survei tersebut tidak benar. Jangan menyamakan Indonesia dengan negara lain secara jumlah penduduk dan demografi.

Tifatul Sembiring senada dengan Kementerian yang dipimpinnya. Lewat 26 tweet yang ia alirkan di linimisa, pemilik akun @Tifsembiring ini memaparkan pandangannya. Dan berikut beberapa tweet Tifatul Sembiring yang menanggapi lemotnya internet di Indonesia.

Tifatul Sembiring mengamini pendapat Kemenkominfo. Demografis Indonesia dan negara-negara di Asia sangat berbeda. Dengan demikian kecepatan internet yang didapatkan juga berbeda. Ini belum lagi ditambah dengan jumlah penduduk yang berbeda pula.

Tifatul Sembiring juga menekankan agar tatkala pembangunan fasilitas ICT di satu wilayah harap mendapat dukungan dari pelbagai pihak. Ia menyebutnya dengan pola ABG+C: A yakni Academic berperan sebagai inkubator, B yakni Businessman sebagai operator, G yakni Government sebagai Regulator, dan C yaitu Community sebagai user atau pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda