Scroll to Top

Belajar dari Kasus Peretasan Akun Selebritis

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 23 Oct 2012

Paris

Kasus peretasan akun tak hanya terjadi pada pengguna biasa. Di kalangan selebritis, kasus serupa kerap terjadi. Dari beberapa kasus peretasan tersebut kita bisa belajar dari pengalaman mereka.

Paris Hilton

Sebelum kasus peretasan foto personal selebritis merajalela seperti sekarang, pada tahun 2005 silam Paris Hilton kebobolan data nomor telepon pribadinya. Tak ayal, nama-nama tenar teman Paris Hilton pun tersebar. Seperti Christina Aguilera, Eminem, dan Vin Diesel.

Peretasan ini dilakukan oleh hacker yang kala itu masih berusia 16 tahun. Washington Post kala itu menulis jika pemuda tersebut memanfaatkan celah keamanan akun T-Mobile (operator) pengguna. Atas kejahatannya ini, pemuda tersebut harus dibui hingga 11 bulan.

Scarlett Johansson

Pada 14 September 2011, sebuah foto Scarlett Johansson yang sedang berdiri (telanjang) di depan sebuah cermin kamar mandi beredar di internet. Ternyata foto tersebut berhasil ‘dicuri’ dari akun Gmail salah satu artis seni peran The Avenger tersebut.

‘Pencuri’ foto di akun email Scarlett Johansson adalah Christopher Chaney (34). Ia mengaku hanya beruntung melakukannya. Solusi dari kasus ini adalah dengan menerapkan dua langkah keamanan dalam verifikasi akun Gmail. Opsinya tersedia di fitur pengaturan.

John Cena

Bulan September lalu, pegulat WWE John Cena menjadi sasaran empuk peretas. Tak hanya dirinya, selebritis lain juga menjadi tumbal. Sebut saja Donnie Wahlberg dan Stve-O. Kala itu akun-akun Twitter mereka digunakan untuk mengiklankan produk farmasi.

Dari kasus diatas perlu adanya kemanan ekstra dalam mengelola akun. Misalkan saja dengan pergantian kata sandi secara berkala. Cara lain dengan selalu berhati-hati tatkala beraktivitas di internet. Misalkan saja tak sembarang dalam menklik tautan menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda