Scroll to Top

Seti 26, Sepeda Listrik Dengan Fasilitas Auto Ride Buatan Pelajar SMK

By Ditya / Published on Wednesday, 24 Oct 2012

Sepeda listrik Seti 26

Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia kembali membuktikan kualitasnya dengan memamerkan sepeda listrik yang dilengkapi fitur unik yang disebut sebagai Auto Ride. Sepeda yang dinamai Seti 26 (Sepeda Listrik SMKN 26 Jakarta) ini mampu melaju dengan kecepatan 39,5 Km/jam.

Sepeda listrik Seti 26 ini mengusung baterai berupa aki basah GS Astra tipe 12N10-38 yang memiliki output tegangan 24 volt dengan arus 10 ampere. Seti 26 ini mampu berlari dengan kecepatan rata-rata 20 Km/jam dengan jarak tempuh hingga 10 Km dengan kapasitas beban 70 kg.

Sepeda Seti 26 ini juga mengusung berbagai fitur seperti layaknya sebuah speda motor seperti hadirnya lampu sein, speedometer dogital, lampu sorot, control speed, indikator baterai, auto charging, auto ride dan LED (Light Emiting Diode) display. Fitur yang paling menarik dari sepeda listrik Seti 26 adalah auto ride yang memungkinkan sepeda listrik melaju otomatis dengan kecepatan dan tegangan yang diinginkan.

Recharging selama 1 jam baterai bisa terisi hanya 30 persen, kalau pakai listrik mencapai 2 jam sampai penuh. Untuk Auto Charge, pastikan semua saklar di sepeda dalam kondisi off, kemudian tekan on pada saklar motor charger, terus gowes sesuai keinginan, lama kelamaan baterai akan terisi kembali,” kata Fajar Rizky, siswa kelas XII SMKN 26 Jakarta.

Pengisian daya sepeda Seti 26 selain menggunakan auto charge, dapat menggunakan charger jenis SUOER MAD-122A yang memakan waktu sekitar 2 jam, sedangkan menggunakan tenaga pedal atau auto charge memakan waktu hingga 4 jam.

Sepeda Seti 26 ini menggunakan baterai aki basah karena dinilai lebih mudah didapat dan jika terjadi kerusakan, biaya yang dikeluarkan lebih murah dibanding baterai jenis Lithium yang lebih mahal dan masih sulit didapat.

Seperti yang dilansir dari Viva (24/10/2012), hendaknya pemerintah memberikan dukungan terhadap kretaifitas pelajar SMK agar dapat mengembangkan inovasi yang lebih terarah dan bermanfaat bagi bangsa dan Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda