iPad 4 vs iPad Generasi 3: Inilah Perbedaan Antara Keduanya

iPad 3

iPad 4 telah secara resmi diluncurkan Apple. Peluncuran iPad 4 ini memang sedikit membuat pemilik iPad generasi ketiga kecewa, karena iPad 4 mengusung spesifikasi yang lebih baik dibanding iPad 3 dan hadir hanya dalam waktu 6 bulan setelah iPad generasi 3 meluncur, lalu apa perbedaan Apple iPad 3 dan iPad 4?

Spesifikasi Layar

Kedua tablet besutan Apple ini sebenarnya mengusung spesifikasi layar yang sama. Baik iPad 3 atau ipad 4 sama-sama mengusung layar berukuran 9,7 inci Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dengan kerapatan piksel 264 ppi (pixel per inch).

Spesifikasi Prosesor

iPad generasi ketiga mengusung prosesor Apple A5X yang dikembangkan dari prosesor Apple A5 yang digunakan pada tablet iPad 2. Perbedaan antara Apple A5 dan A5X adalah pada grafisnya. Apple A5X adalah prosesor dengan spesifikasi dual-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan grafis quad-core dari PowerVR SGX543MP4.

Sedangkan iPad 4 menggunakan prosesor terbaru Apple, yakni Apple A6X. Apple A6X ini adalah paduan antara kinerja prosesor yang superior dari prosesor Apple A6 yang dipadukan dengan kinerja grafis dari Apple A5X. Prosesor Apple A6X ini kemungkinan mengusung spesifikasi dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang ditandemkan dengan grafis quad-core dari PowerVR SGX543MP4.

iPad Mini

Spesifikasi Kamera dan Baterai

iPad generasi ketiga atau iPad 3 mengusung kamera belakang dengan resolusi kamera belakang 5 megapiksel dan kamera depan VGA. Kapasitas baterai iPad generasi 3 memang tidak diketahui, namun mampu memberikan daya tahan yang termasuk lumayan.

iPad 4 mengusung spesifikasi kamera depan HD 1,2 megapiksel serta menjanjikan daya tahan baterai yang lebih baik dibanding iPad 3. Baterai iPad 4 diklaim mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian.

Spesifikasi Perangkat Lunak dan Sistem Operasi

iPad generasi ketiga hadir dengan sistem operasi standar Apple iOS 5.1 dan dapat diupgrade ke sistem operasi Apple iOS 6. Sedangkan iPad 4 hadir dengan sistem operasi iOS 6.

Konektifitas

Kedua iPad ini sama-sama hadir dengan 2 varian, yakni WiFi only dan WiFi plus 4G LTE. Perbedaan antara iPad generasi ketiga dengan iPad 4 adalah penggunakan Lightning konektor dock pada iPad 4. iPad generasi 3 masih menggunakan konektor dock tipe lama.

Harga

Sepertinya Apple akan memensiunkan iPad generasi ketiga dengan meluncurkan iPad 4 dengan harga yang sama dengan ipad generasi ketiga. Hal inilah yang membuat pengguna iPad generasi ketiga kecewa. Seperti yang dilansir dari TechRadar (23/10/2012), tak hanya ipad generasi 3 saja yang pensiun, namun juga iPad 2 yang digantikan oleh iPad Mini.

Komentar Anda

Leave A Response