Scroll to Top

5 Tanda Hubungan Cinta yang Sehat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 24 Oct 2012

pasangan

Membuat hubungan cinta baru mungkin cukup mudah. Yang paling sulit adalah mempertahankan hubungan agar tetap langgeng. Oleh karena itu, diperlukan hubungan yang senantiasa sehat agar berbagai suka duka bisa dihadapi dengan baik.

Namun, banyak pasangan belum memahami ciri sebuah hubungan yang sehat. Dikutip dari Live Strong, hubungan sehat sering didefinisikan singkat sebagai hubungan yang bebas dari kekerasan lisan, fisik, dan seksual. Dan,  berikut ini beberapa tanda hubungan sehat yang sebaiknya ada dalam kisah cinta Anda:

  1. Saling mempercayai. Sikap ini cukup baik dibangun dalam hubungan cinta, pertemaman, hingga ke anggota keluarga. Ketika pasangan tidak percaya, sangat dimungkinkan terjadi rasa cemburu, tidak aman, dan ketidakjujuran. Inilah awal terjadinya konflik yang dapat memicu perpecahan.
  2. Pembagian tugas secara adil. Ada kalanya sebuah hubungan terjadi saling mendominasi. Akibatnya, satu pasangan hanya merasa sebagai bawahan pasangan lain. Padahal, sebuah pasangan memerlukan hubungan yang bersifat kemitraan dan bukan hubungan atasan-bawahan.
  3. Saling menghormati. Kebiasaan saling menghormati mampu memberikan rasa sayang dalam jangka panjang di antara pasangan. Beberapa contoh menghormati pasangangan adalah tidak mempermalukan di depan orang lain, tidak mengancam, menjaga nama baiknya, memanggil dengan nama yang disukai, dan sebagainya. Pasangan yang cenderung tidak ada hormat di antara mereka, akan lebih mudah jadi bahan gunjingan tetangga hingga anggota keluarga lain.
  4. Membangun komunikasi yang baik.  Komunikasi yang baik dapat membantu pasangan saling memahami dan mendengarkan dari berbagai sudut pandang. Kebiasaan saling mendengarkan dan memberikan respon positif membantu hubungan menjadi sehat.
  5. Saling bergantung satu sama lain. Artinya, Anda dan dia sama-sama bisa diandalkan. Pasangan bisa saling memberi solusi yang terbaik atas segala hal yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda