Share

Emmanuel Adebayor Tottenham

Pemain menjadi korban formasi pelatih? Emmanuel Adebayor contohnya. Sejak kedatangan Andre Villas-Boas ke Tottenham Hotspur, ia sulit menembus posisi pemain utama. Adebayor pun menjadi penghuni setia bangku cadangan klub asal kota London tersebut. Namun ketika disangkutpautkan soal isu kepergiannya, AVB meyakinkan publik bahwa Adebayor adalah pemain hebat.

Adebayor adalah pemain hebat, demikian pengakuan Villas-Boas. Ia terpaksa membangku cadangkannya bukan karena kualitas yang ia miliki, melainkan hanya formasi yang memang menuntut Jermain Defoe sebagai striker utama. Oleh karenanya, wajar apabila ia kurang begitu rela andaikata Adebayor hengkang dari White Hart Lane bulan Januari nanti.

Tegas AVB mengenai status Adebayor:

Saya pikir Ade telah melakukan dengan sangat baik untuk skuad tim, tentu ia akan kembali turun saat kami harus bermain dengan dua striker.”

Pada saat ini kami belum menemukan kenyamanan dalam formasi itu, tapi di masa depan ketika kita menggunakannya, kita akan merotasi pemain dankembali menaruhnya pada sebuah pertandingan.”

Sejauh ini AVB memercayakan posisi lini depan pada Jermain Defoe seorang. Gayung bersambut, striker internasional Inggris itu melakukan tugasnya dengan sempurna. Puji AVB:

Jelas, setiap pemain ingin bermain, saat ini kami ingin menggunakan struktur satu striker, dan Defoe telah melakukannya dengan sangat baik, tegas Villas-Boas kepada Sky Sports News.

Villas-Boas beranggapan, klub pun akan menolak apabila Adebayor berniat menanggalkan baju Tottenham Hotspur.

Tidak, saya tidak berpikir begitu. Saya tidak berpikir klub akan bersedia untuk membiarkan siapa pun pergi.