Scroll to Top

Barcelona Tim Spesialis Pembalik Keadaan

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 25 Oct 2012

Barcelona Tim Spesialis Pembalik Keadaan (3)

Barcelona era Tito Vilanova memiliki catatan prestisius: meraih 11 kemenangan dari 13 pertandingan yang dilalui awal musim 2012-2013. Plus layak mendapatkan titel sementara sebagai tim spesialis pembalik keadaan. Tercatat, dari 13 laga, ada 7 pertandingan kala Barcelona tertinggal. Dan, lima di antaranya diwarnai dengan momentum kebangkitan yang heroik. Termasuk, duel Barcelona vs Glasgow Celtic di Liga Champions pada Rabu, 24 Oktober 2012 lalu ketika Jordi Alba memastikan tiga angka di menit 94.

Memasuki tahun kelima dengan status ‘tim terbaik dunia’, Barcelona dihadapkan pada masa-masa menegangkan. Akhir musim lalu, Pep Guardiola memilih untuk beristirahat setahun. Penggantinya, Tito Vilanova diremehkan menjelang kompetisi bergulir. Namun, yang kita lihat hingga detik ini, Barca-nya Tito adalah Barcelona yang lebih bermental juara daripada Pep Guardiola. Setidaknya dari cara mereka meraih kemenangan.

Barcelona Tim Spesialis Pembalik Keadaan (4)

Leg pertama Piala Super Spanyol. 2012 Bermain di kandang sendiri, Camp Nou, Barcelona dikejutkan oleh gol Cristiano Ronaldo di menit 54. Tertinggal 0-1 dari sang musuh bebuyutan, akhirnya Barca tetap mampu menang 3-2 dari Real Madrid. Dan, bukan sekali ini saja Barcelona menunjukkan semangat tempur selama 90 menit.

Laga melawan Osasuna yang dimenangi 1-2, ditentukan oleh dua gol Lionel Messi di menit 76 dan 80 setelah Joseba Llorente sempat membuat publik El Sadar kegirangan terlebih dahulu.

Kejadian serupa terulang ketika Barca menjamu Spartak Moskwa. Mereka sempat tertinggal 1-2 hingga menit 71 sebelum dua gol Lionel Messi membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Kala dijamu Sevilla di Ramon Sanchez-Pijzuan, lebih parah lagi. Barca tertinggal 2-0 terlebih dahulu sebelum David Villa melumpuhkan tuan rumah di penghujung pertandingan.

Barcelona Tim Spesialis Pembalik Keadaan (2)

Dan kita mungkin masih sedikit tidak percaya dengan kejadian Rabu dini hari lalu. Menggempur Glasgow Celtic sepanjang 94 menit, gol Barca lahir dari seorang Jordi Alba kala pertandingan bersisa 30 detik.

Cuma Real Madrid yang meredam kebangkitan Barca; dan ini berlangsung dua kali. Yang pertama di leg kedua Piala Super Spanyol 2012. Madrid yang unggul 2-0 di babak pertama, memang kecolongan oleh tendangan bebas Lionel Messi. Namun skor akhir tetap 2-1. Demikian pula kala kedua tim bertemu di pekan ketujuh Liga Spanyol. Madrid sempat unggul 0-1 dan akhirnya memaksakan skor imbang 2-2.

Kita bisa melihat kebangkitan Barca dari keadaan tertinggal ini, sebagai rapuhnya pertahanan pasukan Tito Vilanova. Namun, kita lebih mungkin berkata, semangat juang tinggi dari awak Barca serta kejeniusan Tito dalam memilih pemain pengganti, menjadi faktor penting raihan spektakuler Barcelona di awal musim. Ya, merekalah tim spesialis pembalik keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda