Scroll to Top

iPad Mini vs Nexus 7: Mana Yang Lebih Baik?

By Ditya / Published on Thursday, 25 Oct 2012

iPad Mini vs Nexus 7

iPad Mini telah resmi diluncurkan. Tablet mungil besutan Apple ini memang dirancang untuk merangsek pasar tablet kelas menengah yang saat ini dihuni oleh Google Nexus 7 dan Kindle Fire HD dari Amazon. Mana yang lebih baik antara iPad Mini dengan Nexus 7?

Apple tampaknya lebih menekankan persaingan dengan Google Nexus 7. Hal ini terlihat ketika Apple menyebut tablet Nexus 7 sebagai tablet ‘plastik’ yang berat dan tidak stylish. Lalu mana yang lebih baik antara iPad Mini dan Google Nexus 7? Sidomi akan coba jabarkan spesifikasi keduannya.

Layar

Apple iPad Mini mengusung layar berukuran 7,9 inci dengan resolusi yang sama dengan iPad 2, yakni 1024 x 768 piksel dengan kerapatan piksel 163 ppi (pixel per inch). Sementara Nexus 7 patut berbangga dengan resolusi layar lebih tinggi yakni 1280 x 800 piksel dengan kerapatan piksel 216 ppi. Jelas Nexus 7 unggul disini.

Spesifikasi Perangkat Keras

Apple iPad Mini ini sebenarnya tak ada ubahnya dengan iPad 2 yang dipangkas ukuran layarnya. iPad Mini mengusung spesifikasi yang sama dengan iPad 2, yakni ditenagai oleh prosesor Apple A5 dual-core dengan kecepatan 1GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 512MB serta grafis dari PowerVR SGX543MP2.

Sedangkan Google Nexus 7 kembali diatas angin dengan ditenagai oleh prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core dengan kecepatan 1,3GHz yang didukung dengan memori RAM sebesar 1GB serta grafis dari Nvidia GeForce ULP. Nexus 7 kembali unggul disini.

Perangkat Lunak dan Spesifikasi

Apple iPad Mini bisa dipastikan akan mengusung sistem operasi terbaru Apple, yakni iOS 6. Sedangkan Google Nexus 7 mengusung sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Tak ada yang lebih unggul disini, semua tergantung kebutuhan. Jika menginginkan eksklusifitas tinggi, iOS 6 adalah jawabannya.

Kamera dan Konektifitas

Apple iPad Mini dibekali kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 1,2 megapiksel. Sementara untuk konektifitas, iPad Mini mengandalkan Lightning konektor yang hanya kompatibel dengan perangkat Apple lain.

Google Nexus 7 tidak dibekali kamera belakang, hanya sebuah kamera depan dengan resolusi 1,2 megapiksel. Sedangkan untuk konektifitas, Google Nexus 7 memiliki port microUSB yang merupakan standar yang lebih umum dibanding Lightning konektor milik Apple.

Desain

Apple iPad Mini mengusung desain khas Apple yang elegan serta mengusung desain yang lebih tipis dan ringan. Sementara Nexus 7 juga mengusung desain yang elegan, hanya saja sedikit lebih tebal. Masalah desain sebenarnya cukup subyektif, tapi secara umum iPad Mini bisa dikatakan unggul.

Harga

iPad Mini varian paling murah dibandrol dengan harga USD $329 dengan kemampuan WiFi only dan ruang penyimpanan 16GB. Sedangkan Google Nexus dibandrol dengan harga USD $199 untuk varian 8GB dan USD $249 untuk varian 16GB. Jelas, Google Nexus 7 lebih kompetitif dari segi harga.

Kesimpulan

Kedua tablet ini mengusung platform yang berbeda (Apple iOS dan Android), Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan tablet berkinerja tinggi dengan harga murah, Nexus 7 mungkin lebih cocok.

Namun jika Anda menginginkan tablet sylish dan elegan serta mendambakan eksklusifitas tinggi, Apple iPad Mini lebih cocok untuk Anda. Lalu, mana yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda