Timnas Indonesia U-22 - Agung Supriyanto

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin bekerjasama dengan tim pelatih akan mengumpulkan pemain muda Indonesia terbaik yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013 di Myanmar mendatang di skuat Timnas Indonesia U-23. Dikatakan oleh Liestiadi selaku asisten pelatih tim Garuda Muda, saat ini PSSI telah mengantongi database pemain dari seluruh wilayah Indonesia.

Bank data yang dimiliki oleh PSSI itu tentunya akan sangat berguna dan mempermudah tim pelatih tim Garuda Muda yang dimotori oleh Aji Santoso untuk menyeleksi dan memilih pemain terbaik yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013 di Myanmar.

“Tim pelatih akan berkoordinasi dengan PSSI untuk melakukan pemilihan pemain-pemain terbaik  Timnas Indonesia U-23. Database yang dimiliki PSSI membantu kami dalam melakukan pemilihan pemain terbaik,” kata Liestiadi di Jakarta belum lama ini.

Selain berpedoman pada database milik PSSI, lanjut Liestiadi, jajaran pelatih Timnas Indonesia U-23 juga akan bekerjasama dengan para pelatih klub agar mendapat masukan mengenai pemain yang dinilai layak memperkuat tim Garuda Muda.

Liestiadi menambahkan, para pemain yang sudah terkumpul nantinya akan mengikuti pemusatan latihan dengan sistem promosi dan degradasi. Itu artinya, seorang pemain bisa saja terdepak dari pemusatan latihan dan digantikan oleh pemain lain. Sistem seperti inilah yang akan diterapkan hingga terbentuk tim terbaik.

“Apabila pemain sudah terkumpul, kami akan menggunakan sistem promosi dan degradasi. Kami melakukan itu sampai menemukan tim terbaik yang akan dibawa ke SEA Games Myanmar 2013,” ujar Liestiadi.

Para punggawa Timnas Indonesia U-23 sendiri masih didominasi oleh para pemain yang beberapa waktu silam memperkuat Timnas Indonesia U-222 di gelaran Kualifikasi Piala Asia U-22 yang dihelat di Pekanbaru, Riau.

Nama-nama seperti Andik Vermansyah, Hendra Bayauw, Agung Supriyanto, Yosua Pahabol, dan lain-lain tampaknya masih akan menghiasi skuat Timnas Indonesia U-22. Pasalnya, hingga kini belum ada kepastian apakah para pemain muda dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) akan bergabung atau tidak. Padahal, di ISL banyak pemain bertalenta, sebut saja Kurnia Meiga, Egi Melgiansyah, dan lain-lain.

Timnas Indonesia U-23 PSSI sendiri belum lama ini turut berpatisipasi dalam turnamen persahabatan bertajuk Batik Cup 2012. Ajang yang digelar di Stadion Manahan Solo ini diikuti oleh 4 tim yakni Timnas Indonesia U-23, All Stars Divisi Utama PSSI, Persis Solo, dan Persiba Bantul.

Di gelaran tersebut, Andik Vermansyah dan kawan-kawan hanya mampu meraih juara ketiga. Sedangkan gelar juara pertama direbut oleh tim peserta Indonesia Premier League (IPL) dari Yogyakarta, Persiba Bantul.