Scroll to Top

PSSI Comot Pemain Garuda Muda ke AFF Cup 2012

By Aditya / Published on Thursday, 25 Oct 2012

Andik Vermansyah vs Australia

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin rupanya agak sedikit kelabakan dalam mempersiapkan Timnas Indonesia yang akan diterjunkan ke AFF Cup 2012 akhir November mendatang di Thailand dan Malaysia. Oleh karena itu, PSSI pun terpaksa mencomot sejumlah pemain dari Timnas Indonesia U-23 untuk bergabung dengan tim Garuda asuhan Nil Maizar.

Penolakan dari klub-klub Indonesia Super League (ISL) melepaskan pemainnya ke skuat Timnas Indonesia membuat PSSI harus berpikir cepat untuk menambal kekurangan pemain. Belum lagi batal datangnya sejumlah pemain yang berlaga di luar negeri lantaran juga dilarang oleh klubnya semakin membikin PSSI repot.

Lantaran itulah, PSSI pun mengambil tindakan antisipasi dengan mengambil sejumlah pemain dari Timnas Indonesia U-23 yang sebenarnya dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2013 Myanmar tahun depan.

Beberapa pemain Garuda Muda yang dimasukkan ke skuat Timnas Indonesia senior adalah Andik Vermansyah, Rasyid A. Bakri, Agung Supriyanto, dan Hendra Bayauw. Ketiganya termasuk dalam 35 pemain yang didaftarkan PSSI untuk ikut di ajang AFF Cup 2012.

“Nama-nama pemain telah kami daftarkan hari ini (kemarin). Jumlahnya ada 35 pemain,” jelas Koordinator Timnas Indonesia PSSI, Bob Hippy, di Jakarta, belum lama ini.

Kondisi ini jelas membuat pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, sedikit risau. Pasalnya, ia pun sebenarnya sangat membutuhkan ketiga pemain pilarnya itu untuk mempersiapkan diri jelang SEA Games 2013. Dengan absennya tiga punggawa Timnas Indonesia U-23, skuat Garuda Muda pun urung tampil di turnamen pra musim Pahlawan Cup 2012.

“Ketidakhadiran mereka membuat Timnas U-23, kekurangan pemain, sebab belum ada tambahan pemain baru yang kami ambil,” keluh Aji Santoso.

PSSI sendiri tetap mendaftarkan enam pemain ISL ke Timnas Indonesia AFF Cup 2012 kendati belum ada kepastian apakah mereka nantinya akan pasti bergabung atau tidak.

Adapun enam pemain ISL yang didaftarkan PSSI adalah Made Wirawan dan Firman Utina dari Persib, Hamka Hamzah dan Ahmad Bustomi dari Mitra Kukar, Bambang Pamungkas dari Persija Jakarta, dan Patrich Wanggai dari Persipura.

Kesembilan pemain Semen Padang yang sebelumnya terancam bakal hengkang pun masih tercatat dalam daftar pemain Timnas Indonesia PSSI. Selain itu, PSSI juga memanggil Arthur Irawan yang bermain di Spanyol bersama Espanyol B, serta dua pemain naturalisasi yakni Tonnie Cusell dan Jhonny van Beukering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda