Scroll to Top

Heello: Klon Terbaru Twitter?

By Melissa / Published on Thursday, 11 Aug 2011

Layanan jejaring sosial ini sekilas dianggap memiliki banyak sekali kesamaan dengan Twitter sehingga disebut-sebut sebagai kloningan Twitter.

Namun, Heello bukan produk yang sama sekali baru. Heello pertama kali muncul di bulan Agustus 2010 dan dibuat oleh pemilik Twitpic, Noah Everett. Saat itu, Heello belum terbuka untuk publik.

Beberapa kemiripan antara Heello dan Twitter adalah:

  1. Setiap pengguna memiliki username yang bisa dihubungkan ke Twitter dan Facebook
  2. Jika Twitter menyebut konten yang di-sharing oleh para penggunanya sebagai ‘Tweet’, Heello menamakannya sebagai ‘Pings’ yang sama-sama memiliki batasan 140 huruf untuk update status. Pengguna juga bisa menyisipkan video, foto dan lokasi ke dalam ‘Pings’.
  3. Pengguna lain dapat menuliskan ‘Ping’ balasan dalam bentuk @reply
  4. Jika pengguna ingin me-‘retweet’ suatu Ping, fungsi yang sama bisa mereka dapatkan melalui fitur ‘Echo’.
  5. Pengguna dapat mengirim pesan privat secara individual atau kepada sekelompok pengguna lainnya.

Perbedaan yang terlihat antara Heello dan Twitter adalah stream yang dimiliki Heello ter-update secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu meng-klik apa pun untuk menerima Ping baru.

Fitur yang diharapkan sebagai sesuatu yang praktis untuk melihat update status terbaru ini terkadang cukup mengganggu karena stream Anda akan bergerak tanpa henti setiap ada Ping baru yang muncul.

Menurut Everett, seperti dikutip dari TechCrunch, Heello diciptakan untuk mempermudah komunikasi antar penggunanya dan akan menyediakan sistem untuk bisnis termasuk fitur pelayanan konsumen. Namun saat ini sepertinya Heello belum berfokus ke fitur-fitur yang telah disebutkan oleh Everett.

Dilihat dari perbedaan yang terlalu sedikit dengan Twitter dan waktu peluncurannya yang dekat dengan penambahan fitur photo sharing di Twitter, banyak pihak yang berpendapat bahwa sebenarnya Everett sedang ‘membalas dendam’ kepada Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda