Scroll to Top

MacBook Pro 13 Inci Retina Display Dibongkar

By Ditya / Published on Friday, 26 Oct 2012

MBP pro ifixit

Baru saja Apple meluncurkan MacBook Pro 13 Inci Retina pada 23 Oktober lalu, kini notebook canggih besutan Apple ini telah dibongkar oleh situs yang terkenal dengan berbagai ulasan yang membedah perangkat keras, iFixit.

iFixit adalah sebuah situs yang mengulas dan membongkar berbagai gadget yang populer kemudian memberikan rating repairability atau sampai dimana gadget dapat diperbaiki ketika mengalami kerusakan.

Setelah terakhir membongkar iPhone 5, kini iFixit membongkar atau membedah perangkat keras yang digunakan oleh notebook canggih Apple yang baru saja diluncurkan, MacBook Pro 13 Inci Retina.

Menurut iFixit, MacBook Pro 13 Inci Retina ini telah mengalami sedikit perbaikan desain yang meningkatkan kemampuan repairability. Jika dibandingkan dengan MacBook Pro 15 Inci Retina yang juga pernah dibongkar iFixit dan mendapatkan rating 2 dari 10 poin, MacBook Pro 13 Inci Retina ini sedikit lebih baik.

Mbp pro

Baterai MacBook Pro 13 Inci Retina ini memang masih ditempel dengan lem, namun kini lebih mudah untuk dilepas tanpa menggunakan banyak peralatan tambahan. Tak hanya itu, trackpad MacBook Pro 13 Inci Retina ini juga bisa diganti  dan hanya menggunakan 5 sekrup. Uniknya, trackpad MacBook Pro 13 Inci Retina ini terdapat chip memori flash yang sampai saat ini belum diketahui fungsinya.

iFixit juga menemukan bahwa MacBook Pro 13 Inci Retina ini mengalami perubahan tata letak yang cukup signifikan dibanding MacBook Pro 15 Inci Retina. Perubahan yang paling terlihat adalah desain baterai yang asimetris serta perubahan letak SSD untuk memaksimalkan ruang.

Pengurangan penggunaan komponen dari Samsung juga terlihat pada produk MacBook Pro 13 Inci Retina ini. Meskipun masih menggunakan SSD dari Samsung, namun memori RAM menggunakan chip dari Hynix.

Seperti yang dilansir dari CNET (25/10/2012), Apple memang secara bertahap mengurangi penggunaan komponen dari Samsung dan beralih menggunakan komponen dari perusahaan lain seperti Hynix atau Elpida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda