Scroll to Top

RAGE Control, Game Untuk Bantu Anak Kontrol Emosi

By Ditya / Published on Friday, 26 Oct 2012

RAGE Control

Tim peneliti di Rumah Sakit Anak Boston telah berhasil menciptakan sebuah game yang yang berfungsi sebagai psikoterapi untuk anak agar dapat mengontrol emosi, game ini mengusung nama RAGE Control yang merupakan kependekan dari short of Regulate and Gain Emotional Control.

Anak-anak yang mengalami masalah dengan kontrol emosi memang cukup sulit ditangani, mengingat mereka masih anak-anak dan tidak memiliki kesadaran serta cenderung menolak psikoterapi. Anak-anak zaman sekarang lebih menykai bermain video game.

Hal diatas menginspirasi tim peneliti dari Rumah Sakit Anak Boston untuk mengembangkan sebuah solusi psikoterapi yang disukai anak yang mengalami masalah kontrol emosi melalui video game berjudul RAGE Control.

Game RAGE Control ini menggunakan monitor denyut jantung pada jari. Pengguna yang memainkan game RAGE Control akan kehilangan kemampuan untuk menembak musuh jika detak jantung meningkat. Hal ini memaksa pemain game agar tidak marah dan frustasi agar dapat memainkan game ini.

“Hubungan antara pusat-pusat eksekutif kontrol otak dan pusat-pusat emosi yang lemah pada orang dengan masalah kemarahan parah. Untuk sukses di Kontrol RAGE, pemain harus belajar untuk menggunakan Center pada waktu yang sama untuk mencetak poin,” kata Joseph Gonzalez-Heydrich, kepala Psychopharmacology di Rumah Sakit Anak Boston.

Setelah anak-anak memainkan game RAGE Control selama 5 sesi, anak-anak akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan denyut jantung dengan lebih baik yang menunjukan kemampuan mengendalikan emosi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Seperti yang dilansir dari CNET (25/10/2012), para peneliti berencana untuk menguji game RAGE Control yang diseting khusus untuk digunakan dirumah untuk dimanfaatkan para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda