Scroll to Top

AMD Siapkan Desain Tablet Windows 8

By Ditya / Published on Friday, 26 Oct 2012

AMD tablet

Setelah mengalami penurunan pendapatan dan melakukan perampingan karyawan, AMD mencoba memperbaiki posisinya dengan memasuki pasar tablet melalui APU Z-60 Hondo. Tak hanya itu, AMD juga telah menyiapkan desain tablet berbasis Windows 8.

Advanced Micro Devices telah menyiapkan APU (Accelerated Processing Unit) Z-60 yang menggunakan kode nama Hondo untuk menggarap segmen tablet. AMD APU Z-60 sendiri mengusung arsitektur x86 yang akan berhadapan langsung dengan Intel Atom Meldfield.

“AMD harus menghadapi persaingan dengan ARM dan Intel untuk mendapatkan di pasar tablet. Microsoft meluncurkan Windows 8 untuk chip x86, yang memberikan jalan bagi AMD untuk bersaing,” kata Dean McCarron, analis utama di Mercury Research.

AMD APU Z-60 ini mengusung prosesor dual-core dengan kecepatan 1GHz yang menggunakan arsitektur AMD Bobcat yang didesain untuk penggunaan daya yang rendah. AMD juga membekali APU Z-60 ini dengan grafis Radeon HD6290 yang didalamnya terdapat 80 stream prosesor. AMD Z-60 ini hanya mengkonsumsi daya maksimal 4,5W.

AMD juga telah mengembangkan fitur yang dinamai AMD Start Now yang akan mempercepat booting Windows 8 hanya dalam 25 detik dan bangun dari mode sleep dalam 2 detik saja.

Saat ini baru Fujitsu yang telah memperkenalkan tablet yang mengusung AMD APU Hondo Z-60 melalui seri Fujitsu Stylistic Q572, sayangnya harga masih terlalu mahal. Produsen lain seperti Acer saat ini juga dikabarkan tengah mempersiapkan tablet berbasis AMD APU Hondo.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (25/10/2012), AMD sendiri telah menyiapkan 6 hingga 19 desain tablet yang ditenagai oleh AMD APU Z-60 Hondo dan akan diluncurkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda