Scroll to Top

Tablet Android Meningkat Pesat, Pangsa Pasar iPad Turun

By Ditya / Published on Saturday, 27 Oct 2012

Nexus

Tablet Android dikabarkan mengalami peningkatan yang cukup pesat dan menguasai sekitar 43,1 persen pasar. Sebaliknya, pesaing terkuat Android di pasar tablet, iPad dengan iOS-nya, mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Strategy Analytics telah mengklaim berdasarkan data yang mereka miliki, tablet Android telah meningkat tajam dengan menguasai pangsa pasar hingga 41,3 persen pada kuartal ketiga 2012. Peningkatan ini cukup signifikan, tablet Android sebelumnya hanya menguasai pasar 29,1 persen pada kuartal yang sama pada tahun lalu.

Sementara itu, pesaing terkuat Android di pasar tablet, Apple iOS yang digunakan pada iPad mengalami penurunan yang juga cukup signifikan. Pangsa pasar iPad menurun dari 64,5 persen menjadi 56,7 persen, meski Apple telah berhasil mengapalkan tablet 26 persen lebih banyak.

Android tampaknya semakin populer, setelah sukses menguasai lebih dari 50 persen pasar smartphone, kini Android menguasai 41 persen pasar tablet dan perlahan-lahan mulai mengejar ketertinggalan dengan iPad dan bukan tidak mungkin Android akan menyalip iPad tahun depan.

Salah satu kelebihan platform Android adalah banyaknya pilihan dan brand, sehingga pengguna tak hanya dihadapkan pada satu pilihan seperti pada Apple iPad. Android memiliki tablet-tablet populer seperti Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire HD dan juga Samsung Galaxy Tab.

Di Indonesia, tablet Android masih menjadi favorit karena harganya yang kompetitif. Tablet-tablet besutan lokal seperti IMO, Cyrus, SpeedUp dan merk lokal lain yang menjual tablet dengan harga yang kompetitif hampir semua ditenagai oleh Android.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (26/10/2012), masih ada 1 pemain lagi yang akan segera memasuki pasar, yakni Windows RT. Windows RT adalah sistem operasi besutan Microsoft yang dirancang untuk komputasi ultra mobile seperti tablet, akankah Windows RT dapat berbicara banyak? Kita simak perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda