Scroll to Top

Kemampuan Multitasking Wanita Menurun Saat Menstruasi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 27 Oct 2012

multitasking

Wanita kerap digadang sebagai sosok yang mampu mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu (multitasking) dibanding pria. Sehingga, mereka sangat cekatan saat dihadapkan pada pekerjaan rumah tangga. Namun, anggapan ini dibantah oleh sebuah studi dari Universitas Stockholm.  Studi tersebut mengatakan, justru pria memiliki kelebihan soal multitasking dibandingkan wanita.

Timo Maentylae, profesor di Universitas Stockholm, mengatakan, perbedaan kemampuan musltitasking ini disebabkan karena wanita mesti mengalami siklus haid setiap bulannya. Kala menstruasi, kemampuan spasial wanita menurun.

Dalam studi ini dilibatkan 160 orang pria dan wanita. Usia mereka antara 20-43 tahun. Mereka diberikan tes yang berhubungan dengan keterbatasan waktu dan jumlah pekerjaan yang lebih dari satu.Mereka diperintahkan untuk melacak tiga nama berbeda  dengan kecepatan berlainan yang ditunjukkan petunjuk  digital.  Sebuah layar dipersiapkan buat mereka yang berisi kumpulan nama yang tampil secara bergantian. Ketika ada nama di layar yang ditampilkan berulang, peserta harus menekan tombol pada mouse.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan spasial wanita berbeda-beda di siklus menstruasi dengan kapasitas tinggi di sekitar menstruasi dan jauh lebih rendah sekitar ovulasi, saat kadar estrogen tinggi,” kata Maentylae. “Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang jelas dalam multitasking antara laki-laki dan perempuan dalam fase ovulasi, sedangkan efek ini dieliminasi untuk perempuan dalam fase menstruasi,” lanjutnya.

Studi ini diterbitkan pada US peer-reviewed jurnal Psychological Science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda