Scroll to Top

Rayo Vallecano vs Barcelona 0-5: Lionel Messi Dua Gol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 28 Oct 2012

Rayo Vallecano vs Barcelona

Barcelona menang lagi, Lionel Messi mencetak gol lagi. Pasukan Tito Vilanova kembali meraih nilai sempurna lewat hasil pertandingan Rayo Vallecano vs Barcelona pada Minggu, 28 Oktober 2012, yang berkesudahan dengan skor 0-5. Lionel Messi menjadi pencetak skor Barcelona vs Rayo Vallecano terbanyak dengan dua golnya. Sementara David Villa, Cesc Fabregas, dan Xavi Hernandez bergantian menjebol gawang Rayo. Hasil Liga Spanyol ini membawa Barcelona meraih 8 kemenangan dalam 9 pertandingan awal Liga Spanyol.

Bermain di Campo de Vallecas dalam pertandingan Barcelona vs Rayo Vallecano, Tito Vilanova tidak segan untuk memainkan Adriano sebagai bek tengah bersama Alex Song atau Sergio Busquets. Di depan, Lionel Messi ditriokan dengan David Villa dan Pedro Rodriguez. Tuan rumah yang diarsiteki Paco Jemez, sempat menguasai jalannya pertandingan di awal babak pertama. Namun, seperti biasa, perlahan tapi pasti, Barcelona kembali memenangi ball possession.

Barcelona bermasalah dengan set pieces. Rayo memahami hal itu dengan berupaya memanfaatkan tiga tendangan sudut yang didapatkan hanya dalam 10 menit awal. Meski pertahanan Barca tetap menjadi sorotan dalam pertandingan ini, barisan depan Rayo tak bisa mengancam tim tamu. Sebaliknya, Barca juga kesulitan melepaskan tembakan tepat sasaran ke gawang Ruben, hingga akhirnya David Villa memecah kebuntuan.

Menit 20, umpan terobosan Cesc Fabregas dengan jitu diteruskan Villa untuk menaklukkan Ruben. Aksi ciamik dari dua pemain yang musim lalu diisukan ada dalam daftar pemain yang siap dijual Pep Guardiola. Khusus Fabregas, ini adalah assist keenamnya di awal musim. Jumlah yang sama seperti assistnya sepanjang musDavid Villa

Lionel Messsi memiliki peluang untuk mencetak gol dari tendangan bebas di menit 34. Demikian pula tuan rumah melalui Andrija Delibasic di menit 44. Sayang, tembakannya terlalu tepat mengarah pada Victor Valdes. Unggul 0-1 hingga turun minum, Barca kemudian menyengat di babak kedua.

Kerjasama dari kaki ke kaki para pemain Barcelona kembali berbuah di awal babak kedua. Pedro Rodriguez menusuk sisi kiri pertahanan Rayo. Bola disodorkannya kepada Martin Montoya. Sang bek kanan mengirimkannya ke tengah dan di sana sudah ada Lionel Messi yang menembakkan gol ke-12nya di Liga Spanyol. Serangan sempurna.

Rayo bukannya tanpa perlawanan. Mereka membuat malam Victor Valdes sedikit berwarna. Selang dua menit setelah gol Messi, Javi Fuego mengincar sudut kanan gawang. Kiper Barca yang sempat dipertanyakan kemampuannya, berhasil memblok tembakan ini. Menit 56, tendangan Jordi Amat juga masih bisa dibendung oleh kiper berusia 30 tahun.

Perjuangan Rayo Vallecano berakhir di menit 76. Berawal dari lemparan ke dalam, Jordi Alba menyisir sisi kanan pertahanan tuan rumah dengan cantik. Lalu, umpan silang datar diberikan pada Xavi Hernandez. Gelandang gaek memastikan gol ketiga Barca sekaligus mengingatkan kita pada pembantaian 0-7 musim lalu.

Dan benarlah, selang tiga menit, Pedro Rodriguez mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Cesc Fabregas yang tak terkawal, ikut membobol gawang Ruben. Rusak sudah segalanya bagi pasukan Vallecas.

Kekalahan besar ini merupakan pukulan telak bagi Paco Jemez. Timnya sempat merepotkan lini belakang Blaugrana. Keberanian Rayo meladeni permainan menyerang Barca dengan terbuka, meninggalkan luka dalam yang susah dicari obatnya. Barangkali, ini adalah risiko jika Anda tak mau tampil bertahan kala bertemu Barca.

Rayo Vallecano (4-4-2):1-Rubén; 2-Tito, 6-Rodrí, 16-Jordi Amat, 3-Casado (14-N. Bille Nielsen  67′); 10-Piti (19-A. Bangoura 58′), 11-A. Domínguez, 18-Javi Fuego, 9-José Carlos; 23-A. Delibašic, 29-Léo Baptistão

Pelatih: Paco Jémez

Barcelona (4-3-3-):1-Valdés;19    Montoya, 21-Adriano Correia, 25-A. Song; 18-Jordi Alba (15-Bartra 81′); 4-Fàbregas, 6-Xavi (12-J. dos Santos 84′), 16-Busquets; 10-L. Messi, 7-David Villa (9-A. Sánchez  63′), 17-Pedro

Pelatih: Tito Vilanova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda